Software Backup Windows Terbaik: Aplikasi Backup GRATIS!

Software Backup Windows Terbaik – Apakah ada software pihak ketiga yang bisa melakukan backup Windows dengan cukup baik? Apakah software-software tersebut malah lebih baik dari fitur backup bawaan Windows? Apakah softwarenya gratis atau harus bayar? Temukan semua jawabannya di sini. Berikut daftar isinya:


Melakukan backup mungkin menjadi hal yang paling malas untuk dilakukan. Padahal hal tersebut sangat penting dilakukan, mengingat risiko kehilangan semua file, foto, musik, dan dokumen penting bisa terjadi jika perangkat kalian mengalami kerusakan.

Ada banyak cara yang bisa kalian pilih untuk membackup data. Termasuk di dalamnya menyalin semua file penting ke dalam hard disk eksternal atau menggunakan penyimpanan cloud seperti Google Drive, yang memungkinkan kalian mengakses dan men-singkronisasikan file tersebut ke banyak perangkat sekaligus.

Tapi bagaimana caranya membackup sistem? Tentu kalian juga tahu kalau sistem tidak bisa di-copy paste begitu saja seperti file biasa. Di sinilah software backup bekerja.

Selain, sebetulnya, kalian bisa menggunakan fitur backup di Windows, tidak ada salahnya melakukan multiple backup agar kalian punya data cadangan di mana-mana.

Nah, apa saja software backup terbaik yang ada? Ini dia …

Daftar Software Backup Windows Terbaik

Gawaiso sudah merangkum setidaknya lima software backup Windows terbaik dan GRATIS yang bisa kalian coba gunakan untuk melakukan proses backup. Software-software di bawah menyediakan layanan yang sangat baik meskipun kalian tidak perlu membayar. Silakan simak masing-masing kelebihannya di bawah.

1. EaseUS Todo Backup Free

Software backup Windows yang pertama ada EaseUS Todo Backup Free, yang dikembangkan oleh perusahaan dengan nama sama.

EaseUS punya segudang tool backup yang bermanfaat mulai dari backup file dan folder, backup seluruh partisi, atau membuat backup untuk sistem.

Selain hal tersebut, software ini bisa dengan ‘pintar’ melakukan auto-backup pada folder atau drive yang sering kalian gunakan. Tentu fitur tersebut adalah sebuah opsi yang bisa diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kehendak user. Ditambah lagi, untuk fitur tersebut, tersedia pilihan untuk backup data dengan teknologi cloud.

Oh ya, EaseUS juga punya fitur untuk menjadwalkan backup. Jadi kalian bisa melakukannya secara rutin sebagai tindakan pencegahan pada kerusakan sistem yang bisa terjadi kapan saja.

EaseUS versi gratis hampir punya semua fitur yang ditawarkan pada versi berbayarnya, kecuali fitur auto-backup yang dipicu oleh tindakan-tindakan ‘berbahaya’ seperti mengedit registry, menginstall software baru, dll.

Tertarik mencoba? Monggo langsung ke website resminya.

2. Paragon Backup & Recovery

Software backup Windows terbaik berikutnya ada Paragon Backup & Recovery yang dikembangkan oleh Paragon Technologie GmbH.

Paragon Backup & Recovery tersedia dalam versi gratis (community edition) dan versi berbayar (Hard Disk Manager for Business). Tapi menurut kami, versi gratis sudah sangat lebih dari cukup untuk pengguna rumahan.

Software ini melakukan tugasnya dengan sangat baik. Ianya membuat backup dan restore terkesan sangat mudah dilakukan, karena dilengkapi dengan Wizard yang akan membimbing pengguna awam sekalipun menyelesaikan prosesnya.

Paragon Backup & Recovery bisa melakukan backup seluruh komputer berikut partisinya. Kalian juga bisa memilih lokasi atau file format apa saja yang dibackup menggunakan software ini.

Tidak hanya itu, sesuai dengan namanya ‘backup & recovery’, software ini di-bundle dengan kemampuan untuk mengembalikan file yang hilang dari hard disk kalian. Wow.

Tertarik mencoba? Sila ke website resminya.

3. FBackup

Software backup Windows terbaik berikutnya ada Fbackup yang dikembangkan oleh Softland.

Secara interface, FBackup terinspirasi dari Explorer Windows atau software Office. Menurut pendapat kami, desainnya agak kurang nyaman dan terasa tidak independen.

Namun di balik desainnya yang seperti itu, ada tool backup yang cukup bisa diandalkan mengingat FBackup adalah software gratis. Apalagi dilengkapi dengan Wizard yang memudahkan kalian menyelesaikan prosesnya.

File-file yang dibackup dengan software ini bisa disimpan di hard disk, flash disk, Google Drive, atau di perangkat yang kalian kehendaki. Selain itu kalian juga bisa memanfaatkan fitur schedule untuk menjadwalkan backup rutin, baik itu bulanan atau tahunan.

FYI saja, ketika kalian menginstall FBackup, akan ada iklan yang menawarkan untuk upgrade dari FBackup ke Backup4all. Untungnya iklan tersebut tidak terlalu mengganggu. Jadi kalian bisa mengabaikannya saja.

Tertarik mencoba? Sila ke website resminya di sini.

4. Cobian Backup

Software backup Windows berikutnya adalah Cobian Backup yang dikembangkan oleh seorang programmer bernama Luis Cobian.

Meskipun setelah versi 11 pemilik aslinya menjual source code-nya ke orang lain, nyatanya software ini masih andal dalam melakukan backup data di Windows.

Dibandingkan ketiga software sebelumnya, Cobian Backup punya fitur yang paling advance untuk ukuran software gratis. Bahkan mungkin akan membingungkan pengguna awam. Tapi jika kalian sudah familiar dan tahu apa yang sedang kalian lakukan, software ini mungkin bisa memberikan fleksibilitas yang lebih.

Cobian Backup bisa mengerjakan beberapa backup sekaligus dalam satu waktu. Selain itu ada juga fitur schedule yang memungkinkan kalian menjadwalkan backup. File-file backup tersebut bisa kalian simpan di hard disk atau ke sebuah server menggunakan FTP. Terserah kalian.

Menariknya, ada opsi untuk mengkompres file backup sehingga ukurannya bisa diperkecil dan menghemat space, juga fitur enkripsi yang bisa melindungi file backup kalian.

Tertarik untuk mencoba? Sila ke website resminya di sini.

5. Google Drive

Yah … tidak bisa dipungkiri kalau Google Drive bisa jadi salah satu alternatif untuk melakukan backup data-data penting kalian. Hanya saja, karena memang tidak didesain sebagai tool untuk backup, Google Drive tidak bisa membackup sistem Windows dan partisinya.

Namun jika kalian hanya butuh tempat untuk menyimpan salinan file-file penting, kami rasa Google Drive adalah pilihan yang paling tepat.

Selain karena menggunakan teknologi cloud yang bisa melakukan singkronisasi di antara banyak perangkat, kalian juga bisa melakukan auto backup di lokasi-lokasi yang kalian kehendaki.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi 5 software backup Windows terbaik yang bisa kalian coba untuk mengamankan sistem, sebelum kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Selain dengan melakukan backup, kami sarankan kalian juga menginstall antivirus terbaik sebagai keamanan tambahan atau bahkan menjadi alarm ketika ada software jahat yang hendak kalian install.

Ya … daripada mengobati, lebih baik mencegah kan? He he. Akhir kata, monggo dicoba softwarenya satu persatu untuk membuktikan.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.