Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram: Instagram Verified Account

cara-mendapatkan-centang-biru-di-instagram

Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram – Bagaimana cara akun kita menjadi centang biru di Instagram? Apa saja syarat agar akun kita bisa terverifikasi dan mendapatkan tanda centang biru? Temukan semua jawabannya di artikel ini!


Akun Instagram bercentang biru atau akun terverifikasi adalah sebuah ‘penanda’ yang diberikan resmi oleh Instagram, yang menunjukan kalau akun tersebut asli.

Centang biru biasanya akan dengan mudah didapatkan kalau kalian merupakan seorang publik figur. Hal ini karena ‘status’ user tersebut mengundang para peternak akun Instagram untuk membuat akun palsu, sehingga membuat bingung user lain yang ingin mengikutinya.

Tapi … apa iya cuma untuk publik figur saja? Ternyata tidak. Tidak hanya publik figur saja yang bisa mendapatkan centang biru, melainkan akun jualan (brand), perusahaan, komunitas, dll.-pun bisa.

Syarat Mendapatkan Centang Biru Instagram

Untuk mendapatkan centang biru di Instagram, setidaknya ada beberapa syarat yang harus kalian penuhi. Syarat yang akan kami tuliskan di bawah ini adalah syarat resmi yang dikutip dari laman resmi Instagram di sini.

Berikut adalah syaratnya:

  • Autentik. Artinya, akun yang mendapatkan centang biru hanya akun-akun asli, original, mewakili orang, bisnis, brand, komunitas, atau entitas terdaftar lainnya.
  • Unik. Artinya, akun yang mendapatkan verifikasi pasti mewakili orang atau bisnis terkait secara unik; hanya satu akun untuk satu orang atau bisnis yang boleh diverifikasi. Namun ada pengecualian bila kalian memiliki akun serupa tetapi berbeda bahasa. Dan perlu digaris bawahi, Instagram tidak memverifikasi akun dengan minat umum seperti meme, komedi, dll.
  • Lengkap. Artinya, akun yang mendapatkan centang biru harus sudah melengkapi identitas yang diminta pihak Instagram, baik itu yang tampil di aplikasi maupun yang tidak. Sebagai contoh, akun kalian harus sudah melengkapi bio, foto profil, publik (tidak digembok), isi kontak, website, dan yang tidak kalah penting kalian tidak boleh mempromosikan link ‘follow’ ke sosial media lainnya.
  • Terkenal. Artinya, akun-akun yang berpotensi dipalsukan, yang paling banyak dicari, yang followersnya sudah banyak, biasanya akan diprioritaskan oleh Instagram.

Siapa Saja yang Bisa Mendapatkan Centang Biru Instagram?

Pertanyaan selanjutnya adalah, siapa saja yang bisa mendapatkan centang biru?

Berikut ini adalah beberapa jenis akun yang bisa mendapatkan centang biru:

1. Selebritis, artis, atau influencer

cara mendapatkan centang biru instagram - artis

Kriteria atau jenis akun pertama yang berhak mendapatkan centang biru dari Instagram adalah selebritis, artis, atau influencer yang mempunyai banyak sekali followers dan berpotensi dipalsukan.

Biasanya mereka sudah terlebih dahulu mengubah tipe akun mereka menjadi tipe creator (baca: cara membuat Instagram bisnis dan creator), sebelum mendaftarkannya ke Instagram untuk diverifikasi.

2. Atlet dan seniman

cara mendapatkan centang biru instagram - atlet

Kedua adalah atlet dan seniman. Sama seperti selebritis, biasanya atlet mempunyai followers yang banyak dan berpotensi dipalsukan. Contoh saja akunnya Cristiano Ronaldo. Kalau kalian coba cari di pencarian Instagram, pasti akan mendapatkan hasil yang banyak sekali. Tapi, hanya yang bercentang biru saja yang asli.

3. Brand atau Merk

cara mendapatkan centang biru instagram - brand

Selanjutnya, jika kalian mempunyai brand atau merk suatu produk yang sudah terdaftar di DJKI atau lembaga resmi lainnya, maka akun kalian berhak mendapatkan centang biru dari Instagram.

Contoh saja brand sepatu lokal ventela, meskipun followersnya baru ratusan ribu, tapi kalau sudah menjadi brand resmi maka bisa mendapatkan centang biru.

4. Politikus atau tokoh masyarakat

syarat centang biru IG - politikus

Akun selanjutnya yang berhak mendapatkan centang biru adalah akun politikus atau tokoh masyarakat.

Namun tidak setiap tokoh masyarakat bisa mendapatkan centang biru; melainkan tokoh masyarakat yang sudah mempunyai followers banyak dan berpotensi dipalsukan. Misalnya presiden, gubernur, walikota, dll.

5. Situs authority

syarat centang biru IG - situs authority

Akun selanjutnya yang bisa mendapatkan centang biru adalah akun situs authority atau situs yang pengunjungnya stabil dan sudah dikenal oleh banyak orang; misalnya detik atau kompas.

Kedua situs tersebut mewakili sebuah perusahaan yang berdiri di belakangnya; punya kantor, punya pekerja, dan punya kepercayaan dari masyarakat.

Cara Mendapatkan Centang Biru Instagram

Nah, jika kalian adalah salah satu dari kelima orang di atas, maka silakan dicoba untuk mengajukan badge centang biru ke Instagram. Dan jika kalian belum termasuk, tidak salahnya dicoba, siapa tahu kalian juga bisa dapat centang biru.

Time needed: 5 minutes.

Berikut adalah cara mendapatkan centang biru Instagram

  1. Buka pengaturan akun Instagram

    Langkah pertama adalah membuka pengaturan akun Instagram. Di kanan atas tap simbol strip tiga > pengaturan > akun.

  2. Masuk ke menu minta verifikasi

    Selanjutnya, di sana akan ada menu minta verifikasi. Tap. Lalu isi identitas yang diperlukan seperti nama lengkap, kategori akun, dll.

  3. Upload foto kartu identitas

    Karena verifikasi ini bersifat resmi, maka kalian juga harus mengupload foto kartu identitas–dalam hal ini KTP- agar prosef verifikasi bisa berjalan.

  4. Tunggu proses peninjauan

    Langkah berikutnya adalah menunggu sampai proses peninjauan selesai. Kalau akun kalian memenuhi syarat, Instagram akan mengirimkan notifikasi dan langsung menampilkan centang biru di akun kalian. Selesai.


Yang Sering Ditanyakan tentang Centang Biru Instagram

Bagaimana cara mendapatkan centang biru Instagram?

Caranya masuk ke pengaturan akun, lalu tap menu minta verifikasi. Setelah itu isi identitas tentang akun dan pemilik akun. Jangan lupa juga upload kartu identitas. Tunggu prosesnya sampai selesai. Kalau akun kalian memenuhi syarat, maka centang biru akan muncul.

Apa saja syarat untuk mendapatkan centang biru?

Syarat resmi dari Instagram: autentik, lengkap, terkenal, dan unik.

Siapa saja yang berhak mendapatkan centang biru di Instagram?

Biasanya akun-akun yang berpotensi dipalsukan seperti artis, selebgram, influencer, brand, tokoh masyarakat, atlet, seniman, dan semua orang yang punya followers banyak dengan postingan original di dalamnya.

Apakah ada minimal followers untuk mendapatkan centang biru Instagram?

Tidak ada. Instagram menitik beratkan pada keaslian akun dan postingan. Tapi kami menyarankan agar kalian punya dulu seminimal-minimalnya 10 ribu followers sebelum mengajukan verifikasi.

Berapa lama peninjauan akun centang biru Instagram?

Tidak ada yang tahu berapa lama. Sebab setiap akun bisa berbeda-beda.


Trik Instagram Populer

Semua tutorial Instagram bisa kalian baca di sini.

Demikian. Seperti itulah cara untuk mendapatkan centang biru dari Instagram. Cara tersebut mengikuti tata cara resmi yang disampaikan pihak Instagram. Dapat atau tidaknya centang biru, tergantung akun yang kalian daftarkan; memenuhi syarat atau tidak.

Give a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.