Cara Dropship di Shopee: Riset Suplier & Riset Pasar

Cara Dropship di Shopee – Bagaimana cara jadi dropship di Shopee? Apakah bisa beli barang di Shopee terus jual lagi di Shopee? Bagaimana mekanisme dropship di Shopee? Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian ingin tahu. Tks.


Dropship adalah kegiatan menjual barang orang lain tanpa harus punya stok terlebih dahulu. Dengan kata lain, kalian cuma perlu memasarkan produk saja, lalu order ke suplier dengan mengirimkan data konsumen ke mereka.

Selisih harga yang diperoleh dari penjualan itulah keuntungan buat kalian. Jadi kalau digambarkan seperti ini …

sistem dropship
gambar dapat ngambil dari thenextmarketers.com

Untung-Rugi Sistem Dropship

Setiap sistem tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Termasuk sistem dropship ini. Nah, inilah beberapa kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan

  • Tidak perlu stok barang otomatis tidak perlu space lebih di rumah (tidak perlu gudang)
  • Tidak perlu repot packing dan kirim barang
  • Cenderung tanpa modal (tergantung suplier)
  • Lokasi fleksibel
  • Bisa palugada alias produknya bisa beragam

Kekurangan

  • Tidak punya akses dan kontrol terhadap stok produk
  • Proses transaksi lebih lama
  • Keuntungan lebih sedikit

Nah, terlepas dari untung-ruginya sistem ini, jika kalian bisa menemukan suplier yang bagus, maka dropshipping bisa menjadi jalan rezeki kalian yang tidak disangka-sangka. Selanjutnya, bagaimana memulai dropship di marketplace Shopee? Begini …

Cara Dropship di Shopee

Berikut ini adalah langkah yang harus kalian tempuh untuk mulai melakukan kegiatan dropship di Shopee:

  1. Buat toko Shopee. Caranya bisa dibaca di sini: Panduan cara berjualan di Shopee. Catatan: isi alamat toko kalian dengan alamat suplier, jangan alamat kalian sebagai dropshiper karena akan memengaruhi ongkos kirim.
  2. Cari suplier di marketplace lain. Bisa Tokopedia, Bukalapak, atau bisa dengan menghubungi toko online di Instagram. Chat saja CS atau adminnya, lalu tanyakan apakah membuka peluang untuk dropshiper. Kalau ada peluang, selanjutnya tanyakan juga berapa harga produk untuk dropshipper. Seharusnya, sih, harganya lebih murah dibandingkan harga retail/satuan. Jadi kalian bisa tetap jualan produk tersebut dengan harga yang sama dengan suplier.
  3. Mulai upload produknya ke Shopee. Selesai.

Catatan penting! Jangan cari suplier di marketplace yang sama (dalam hal ini Shopee), sebab nomor resinya akan invalid karena sudah diinput suplier di tokonya. Kalaupun ada yang share cara dropship dari Shopee ke Shopee, maka kami jamin mereka tidak mempraktikkannya karena ribetnya minta ampun.

Tips Mencari Suplier yang Baik

Kalau dibaca dari segi konsep, cara dropship di Shopee itu sebetulnya mudah. Bisa dipersingkat dengan buat toko, cari suplier di MP lain, jualan di Shopee. Selesai. Tapi kalau di-breakdown lagi, banyak hal-hal yang perlu kalian perhatikan agar proses dropshipping kalian menyenangkan. Salah satunya adalah mencari supplier yang baik.

Nah, bagaimana caranya? Begini …

Pertama, buka marketplace selain Shopee. Di sini kami akan contohkan menggunakan Tokopedia.

Kedua, tentukan kategori produk yang ingin kalian jual. Saran kami, jangan terlalu idealis kalau ingin menjadi dropshiper yang baik. Artinya, produk yang kalian jual harus ada pasarnya (ada konsumennya), jangan hanya memilih suatu produk hanya karena kalian ingin menjualnya. Sebab belum tentu produk tersebut ada yang cari. Maka risetlah pasar dahulu. Caranya silakan baca di bawah.

Ketiga, gunakan fitur filter di Tokopedia.

  • Urutkan harga dari rendah ke tinggi
  • Centang kotak rating 4 ke atas.
  • Centang kotak power merchant.

Keempat, setelah terurut, di sana akan muncul berbagai macam produk. Cari yang menurut kalian foto produknya menarik. Itu berarti fotonya mengundang penasaran kalian, yang mana akan banyak orang seperti kalian di luar sana.

Kelima, kunjungi tokonya. Lihat performa toko.

  • Nilai kualitas produknya berapa? Usahakan nilainya 4,8 ke atas.
  • Berapa lama rata-rata chat dibalas? Usahakan maksimal 1 jam.
  • Berapa jumlah produk terjual? Usahakan minimal 100 produk.
  • Berapa jumlah produk yang dijual? Usahakan minimal 30 produk.

Keenam, chat toko tersebut lalu izin untuk menjadi dropshipper. Kalian bisa menilai sendiri dari balasan toko tersebut. Jika ramah, berarti dia supplier yang baik. Tapi kalau ketus, lebih baik coba dulu cari toko lain. Daripada ngedumel nantinya.

Ketujuh, mulai upload produk ke Shopee. Kalian bisa boost up penjualan dengan beriklan di Shopee. Nanti akan kami buatkan tutorialnya, ya!

Cara Mencari Produk yang Trending di Shopee

Ini bagian dari riset pasar. Jadi sebelum memutuskan produk apa yang hendak kalian jual, alangkah baiknya kalian riset dulu. Nah, karena di sini kalian akan berjualan di Shopee, maka kalian juga harus riset pasar di Shopee, dong.

Begini …

  1. Buka aplikasi Shopee. Bisa di HP atau di PC. Bebas.
  2. Scroll ke bawah. Kalian akan menemukan section dengan judul pencarian populer. Nah itu. Berarti di Shopee sedang trending produk dengan kategori yang muncul di list pencarian populer tersebut.
  3. Buka salah satunya. Lalu urutkan dari yang terlaris. Akan muncul jenis produk yang paling banyak dicari sekaligus paling laku.
  4. Riset pasar selesai.

Selanjutnya, kalian tinggal cari produk serupa di marketplace lain. Lalu cari yang harganya (kalau bisa) lebih rendah dari yang dijual di Shopee. Kenapa? Karena marketplace itu perang harga. Aduh. Kecuali kalian bisa mentarget orang yang tepat dengan promosi atau iklan.


FAQ Cara Dropship di Shopee

Bagaimana cara dropship di Shopee?

Garis besarnya adalah kalian membuat toko, cari suplier di marketplace lain, lalu mulai jual di toko Shopee kalian.

Kenapa harus mencari suplier dari marketplace lain?

Karena jika suplier kalian dari marketplace yang sama, maka nomor resi produk akan invalid atau error sebab resi tersebut sudah pernah diinput oleh suplier di tokonya.

Apakah dropship berbayar?

Tergantung suplier kalian. Beberapa ada yang membebaskan para drophsipper dari biaya, beberapanya mempunyai syarat seperti harus beli dulu beberapa pcs sebelum bisa jadi dropshiper produk mereka.


Demikianlah seperti itu cara dropship di Shopee. Kami kira artikel tutorial di atas belum cukup lengkap, jadi silakan komentar di bawah dan tanyakan apa yang ingin kalian tahu. Nanti akan kami tambahkan artikelnya. Tks.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: