Cara Daftar Fiverr: Menghasilkan Uang dari Fiverr untuk Pemula

Cara Daftar Fiverr – Apa itu Fiverr? Bagaimana cara membuat akun Fiverr? Bagaimana cara membuat gig baru? Apa saja kategori freelancer yang ada di Fiverr? Bagaimana mekanisme menghasilkan uang dari Fiverr? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Fiverr.com adalah sebuah website yang menampung freelancer di seluruh dunia untuk menawarkan jasanya. Singkatnya Fiverr adalah marketplace untuk menjual jasa alih-alih produk fisik.

Jadi jika kalian punya skill dan service, apapun, baik itu jasa edit foto, jasa desain logo, jasa penulisan artikel, proofreading, penerjemah, sampai ke hal ‘aneh’ seperti jasa tulis nama kalian di puncak gunung.

“Hei (nama kalian), kapan mau naik bareng ke sini?”

Intinya kalian bisa menawarkan jasa apa saja di sini. Syaratnya legal, tidak termasuk tindakan negatif, dan tidak menyinggung SARA.

Bagaimana Cara Membuat Akun Fiverr?

Caranya cukup mudah. Kami akan jabarkan langkah-langkahnya di bawah. Jadi, sila baca dengan nyaman. Siapkan air minum dan juga laptop kalian. Mari langsung praktik.

1. Buka Situs Resminya

Langkah pertama tentu kalian harus membuka dulu situs Fiverr.com yang merupakan situs resmi dari Fiverr.

Di sana kalian akan menemukan banyak sekali menu. Karena di sini kasusnya kalian ingin membuat akun baru, maka klik menu Join di kanan atas.

2. Cara Cepat Daftar Fiverr

Setelah kalian klik tombol Join, akan muncul pop-up berupa form pendaftaran.

Di sana kalian bisa memilih mau daftar dengan apa; akun Facebook, Google, Apple, atau dengan cara tradisional alias email.

Bebas, sih, kalian mau pilih yang mana. Tapi jika ingin cepat, kami sarankan daftar dengan Google.

join fiverr

Kenapa begitu? Karena biasanya ketika kalian daftar dengan akun Google, Fiverr tidak perlu lagi mengkonfirmasi alamat email.

Misal di sini kami daftar dengan Google, klik menu Continue with Google.

Kemudian login ke akun Google yang ingin kalian tautkan dengan akun Fiverr nantinya.

3. Pilih Username yang Relevan

Berikutnya kalian diminta untuk memilih username. Saran kami, pilih username yang relevan dengan jasa yang akan kalian tawarkan di Fiverr.

Misalnya, jika jasa kalian berkaitan dengan desain, pilih username yang ada unsur design, art, illustration, dll.

cara daftar akun fiverr

Kenapa begitu? Ini adalah salah satu trik untuk meningkatkan kepercayaan calon customer.

Kalau sudah, klik tombol Join.

4. Jual Jasa Kalian Sekarang!

Setelah mendaftar akun Fiverr, sekarang saatnya kalian menjual skill yang kalian miliki.

Caranya gampang. Kalian cukup klik menu profil di kanan atas, lalu klik menu Become a Seller.

cara daftar fiverr

Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman baru yang berisi penjelasan tentang cara kerja Fiverr, kategori freelance apa saja yang ada di sana, testimoni, cara kalian dibayar, dan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan di bagian paling bawah.

Silakan dibaca dan dipahami terlebih dahulu agar lebih menjiwai. Kalau sudah, klik tombol Become a Seller atau tombol Get Started.

5. Tips dan Larangan dari Fiverr Langsung

Fiverr sebagai platform mendukung sekali kesuksesan freelancer di sana. Sebab ketika mereka sukses, Fiverr juga akan ikut untung.

Maka dari itu, Fiverr membuat sedikit tips bagaimana agar jasa kalian bisa dilihat banyak calon pembeli, dan menarik mereka untuk menggunakan jasa kalian.

Tips

  • Tuliskan secara detail skill dan service yang kalian jual. Buat dengan bahasa yang general dan mudah dimengerti.
  • Tambahkan link pendukung yang relevan dengan jasa yang kalian tawarkan; portofolio (bisa akun IG kumpulan hasil kerja) dan curriculum vitae (akun linkedin).
  • Pakai foto profil yang profesional; niat, resolusi tinggi, dan yang paling penting jelas.

Larangan

  • Memberikan informasi profil yang keliru.
  • Membuat banyak akun Fiverr.
  • Meminta metoda pembayaran di luar Fiverr.

6. Lengkapi Informasi Profil

Sekarang lanjut dengan membuat akun seller. Sambil mempertimbangkan tips-tips di atas, sila isi nama depan dan nama belakang yang ingin kalian gunakan di Fiverr.

input personal info fiverr

Pilih foto profil yang profesional, isi deksripsi tentang skill yang kalian miliki, pengalaman, dan segala hal yang sekiranya bisa membuat kalian terlihat jago.

Ingat, pakai bahasa Inggris, ya. Kalau sudah klik continue.

7. Lengkapi Informasi Professional

Berikutnya kalian juga harus mengisi beberapa informasi terkait pekerjaan, skill, latar belakang pendidikan, award atau sertifikat kalau ada, dan tentunya website (bisa akun IG, laman devianart, dll.)

cara daftar fiverr profesional

Isi dengan detail dan jujur. Kalau sudah klik continue.

8. Syarat Membuat Gig

Jika setelah selesai melengkapi informasi profil pribadi dan profesional kalian tidak bisa membuat gig, itu berarti kelengkapannya di bawah 65%.

Ya. Untuk mulai membuat Gig di Fiverr, kelengkapan informasi yang kalian berikan harus di atas 65%. Indikatornya bisa kalian lihat di kanan atas.

completion rate input informasi

Jadi, monggo klik tombol back dan isi beberapa informasi lagi, tautkan akun Facebook, Twitter, nomor HP, dll. sampai minimal indikatornya menyentuh angka 65%.

9. Mari Buat Gig!

Langkah paling penting untuk mulai mendapatkan uang dari Fiverr adalah membuat Gig; menjual jasa.

Time needed: 10 minutes.

Berikut adalah cara membuat Gig di Fiverr.com

  1. Klik menu Gig

    Pertama klik menu Gigs, lalu klik tombol Create a New Gig.
    menu gig

  2. Optimasi Gig

    Beri nama jasa yang kalian tawarkan. Biasanya diawali oleh kata ‘I will’. Contoh I will transform your photos into cartoon style. Jangan lupa isi kategori, tag, dan bagaimana kalian mengirimkan file ke customer.
    beri nama gig

  3. Beri harga jasa per paket

    Selanjutnya adalah membuat paket jasa. Silakan disesuaikan saja masing-masing nama jasanya apa, deskripsi kerjanya seperti apa, berapa lama waktu pengerjaan, berapa kali revisi, dll.
    paket fiverr

  4. Deskripsikan detail pengerjaan

    Di bagian ini deskripsikan dengan lebih detail tentang Gig kalian. Bagaimana cara order, berapa lama pengerjaan, garansi, dll.

  5. Tuliskan bahan yang kalian butuhkan

    Informasikan ke pembeli tentang bahan-bahan yang kalian perlukan agar proses pengerjaan bisa dilakukan. Misal untuk jasa edit foto, informasikan ke buyer kalau mereka harus upload foto dengan resolusi sekian.

  6. Upload Contoh/portofolio

    Terakhir, upload contoh atau hasil kerja kalian. Bisa foto atau video. Upload yang paling bagus agar calon buyer tertarik dengan jasa kalian.

10. Promosikan Gig

Langkah terakhir agar Gig kalian banyak pembelinya yaitu dengan rajin-rajin mempromosikannya di media sosial. Dengan begitu, harapannya, banyak orang tertarik dengan jasa kalian.

Sebagai contoh, kalian bisa memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Upload saja hasil kerja kalian lalu buat caption yang relevan dengan jasa di Fiverr.


FAQ – Pertanyaan

Apakah daftar Fiverr gratis?

Ya. Daftar Fiverr adalah gratis alias tanpa biaya. Cara daftar Fiverr bisa kalian lihat di sini.

Bagaimana cara mencairkan uang dari Fiverr?

Biasanya lewat Paypal. Setelah itu kalian bisa menarik saldo Paypal ke rekening bank lokal.

Freelance apa saja yang ada di Fiverr?

Macam-macam. Dari yang umum seperti jasa desain logo, desain ilustrasi, copywriter, proofrider, sampai ke jasa aneh seperti membuat video ulang tahun dari orang bule (yang sebetulnya tidak kita kenal).


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi cara daftar Fiverr dan mulai menghasilkan uang daripadanya, sebagai seorang freelancer.

Fiverr adalah salah satu situs freelancer terbaik yang ada. Jadi kalian bisa memanfaatkannya untuk mencari pendapatan sampingan. Bisa juga dijadikan sebagai sumber penghasilan utama karena earning yang bisa kalian dapat dari platform ini tidak terbatas, sepanjang pekerjaan kalian bagus dan promosinya mantap.

Akhir kata, di erah WFH seperti ini, jika kalian punya skill apa saja, coba pasarkan di Fiverr. Mana tau ada yang butuh jasa kalian, kan? He he.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

2 thoughts on “Cara Daftar Fiverr: Menghasilkan Uang dari Fiverr untuk Pemula”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.