Spesifikasi dan Harga Xiaomi 8A Pro: Review dan Keunggulan

Spesifikasi dan Harga Xiaomi 8A Pro – Xiaomi Indonesia baru saja meluncurkan ponsel terbarunya di tanah air. Setelah meluncurkan Xiaomi Redmi 8 dan Xiaomi Redmi 8 Pro, kini Xiaomi menghadirkan Xiaomi 8A Pro.

Ponsel pintar tersebut diperkenalkan melalui event live streaming dan siap bersaing dengan smartphone lainnya yang telah hadir di pasaran.

Dibanderol dengan harga yang terjangkau, spesifikasi yang disuguhkan oleh ponsel ini tergolong cukup mumpuni. Penasaran dengan spesifikasi lengkap ponsel ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

spesifikasi dan harga xiaomi 8a pro

Spesifikasi Xiaomi 8A Pro

  • Dimensi: 15,65 x 7,54 x 0,94 cm
  • Berat: 188 gram
  • SIM Tray: Dual SIM (Nano-SIM) + microSDXC
  • Bodi: Depan kaca (Gorilla Glass 5), belakang plastik, kerangka plastik
  • Layar: IPS kapasitif 16 juta warna
  • Resolusi: 720 x 1520 piksel
  • OS: Android 9.0 Pie/ MIUI 11
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon SDM 439
  • CPU: Octa-core (4 x 1.95 GHz dan 4 x 1.45 GHz ARM Cortex A53
  • RAM/Memori: 2GB/32GB; 3GB/32GB
  • GPU: Adreno 505
  • Kamera Utama (2 kamera): 13 MP wide; 2 MP depth
  • Kamera depan: 8 MP
  • Baterai: LiPo 5000 mAh

Review Xiaomi 8A Pro

Xiaomi 8A Pro hadir di Indonesia untuk menyasar segmen entry level. Smartphone ditawarkan dengan harga yang menarik. Namun bagaimana dengan performa ponsel ini? Untuk itu, baca ulasannya sampai selesai ya.

Layar pelindung gorilla glass 5

Xiaomi 8A Pro hadir dengan layar yang cukup besar yakni 6,22 inci. Ukuran ini nampaknya sudah menjadi ukuran standar untuk perangkat-perangkat smartphone keluaran tahun 2020.

Salah satu hal yang menarik adalah layar tersebut sudah diberi lapisan pelindung Gorilla Glass 5 yang tahan terhadap goresan.

Tahan percikan air dengan fitur splash resistant

Salah satu hal yang menarik dari Xiaomi 8A Pro adalah sudah dilengkapi dengan splash resistant. Ini adalah fitur unggulan yang mampu membuat ponsel bertahan saat terkena percikan air yang tidak terlalu banyak misalnya saat hujan gerimis.

Fitur ini membuat Xiaomi 8A Pro cukup handal digunakan. Namun pastikan untuk segera membersihkan air tersebut jika terkena percikan, karena splash resistant berbeda dengan water resistant di mana kapasitas air yang bisa ditoleransi oleh perangkat ini lebih sedikit. Alangkah lebih baik jika ponsel tersebut tidak terkena air.

Baterai jumbo

Untuk mendukung performanya, Xiaomi nampaknya tidak tanggung-tanggung untuk menghadirkan baterai yang berkapasitas besar pada smartphone ini. Terbukti, smartphone ini mengusung baterai jenis Lithium Polymer dengan kapasitas 5000 mAh.

Kapasitas baterai yang diusung oleh 8A Pro tergolong sangat menarik karena cukup jarang ponsel di kelasnya mengusung kapasitas sebesar itu. Dengan baterai tersebut ponsel ini dapat bertahan seharian meskipun digunakan secara aktif.

Fitur fast charging untuk pengisian daya lebih cepat

Salah satu kendala yang sering dihadapi ketika memiliki ponsel dengan daya baterai yang besar, adalah proses pengisian baterai yang lama. Namun hal itu tidak akan terjadi pada ponsel yang satu ini.

Pasalnya Xiaomi 8A Pro telah didukung dengan fitur fast charging 18W. Jadi tidak perlu waktu lama untuk mengisi daya baterai sampai penuh ketika baterai melemah. Fitur ini nampaknya menjadi fitur wajib untuk smartphone terkini yang mengusung baterai berkapasitas besar.

Bodi cukup tebal

Jika kebanyakan smartphone terbaru saat ini hadir dengan ukuran yang slim, smartphone 8A Pro ini tergolong memiliki bodi yang tebal. Ponsel ini memiliki ketebalan hampir 0,94 cm.

Pada dasarnya bodi yang tebal dari smartphone ini disebabkan karena baterai berkapasitas besar yang diusungnya. Namun Xiaomi sebenarnya bisa merancang ponsel ini menjadi lebih tipis. Mungkin karena spesifikasi dan harga Xiaomi 8A Pro yang ditujukan untuk segmen pemula, sehingga desain tidak menjadi fokus utama.

Mengusung 3 Slot SIM tray

Smartphone baru saat ini telah hadir dengan dukungan 3 slot SIM di mana 2 untuk kartu seluler dan 1 untuk memori penyimpanan tambahan. Untuk itu, wajar jika Xiaomi menghadirkan 3 slot SIM Tray pada perangkat terbarunya ini.

Dengan fitur tersebut, kalian dapat mengaktifkan 2 kartu SIM sekaligus, tetapi juga masih dapat menambahkan memori eksternal melalui microSD. Jadi Kalian bisa menambah memori jika memori bawaan ponsel ini dianggap masih kurang.

Dual kamera utama

Meskipun menyasar segmen entry level, ponsel ini telah dibekali dengan 2 kamera belakang. Kamera pertama memiliki resolusi 13 MP f/2.2 dengan lensa wide. Sementara itu kamera kedua menggunakan lensa depth yang memungkinkan kalian mengambil foto dengan fokus tertentu di suatu objek.

Fitur standar lainnya yang diusung oleh kamera tersebut antara lain adalah panorama, HDR, dan LED flash. Untuk kualitas rekaman video, kamera ini mampu merekam video beresolusi [email protected] fps.

Kamera selfie yang disuguhkan juga sudah cukup baik dengan resolusi 8 MP dengan fitur HDR. Kamera depan ini mampu merekam video dengan kualitas yang sama dengan kamera belakang yakni [email protected]

Konektivitas didukung USB tipe C

Xiaomi 8A Pro sudah dilengkapi dengan fitur konektivitas USB 2.0 Type-C 1.0 dan USB on The Go. USB Type C sepertinya menjadi fitur standar untuk produk-produk smartphone keluaran terbaru.

Dengan adanya konektor USB type C, ponsel ini menjanjikan kecepatan transfer daya dan transfer data yang jauh lebih baik dibandingkan USB 2.0.

Hadir dalam 3 varian warna

Xiaomi menghadirkan 8A Pro dalam 3 varian warna yang menarik yaitu Sky White, Midnight Grey, dan Sea Blue.

Harga Xiaomi 8A Pro

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dari spesifikasi dan harga Xiaomi 8A Pro, ponsel ini akan ditujukan untuk segmen entry level atau menengah ke bawah. Untuk itu, harga yang dibanderol juga sangat terjangkau. Berikut ini adalah harga Xiaomi 8A Pro di pasaran saat ini:

  • Harga Xiaomi 8A Pro April 2020: Rp 1.599.000,- (2GB/32GB) dan Rp 1.699.000,- (3GB/32GB)
  • Harga Xiaomi 8A Pro Mei 2020:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.