Spesifikasi Realme 6: Review, Harga dan Tips Beli

Spesifikasi Realme 6 – Tanpa pro. Kemarin di review Realme 6 Pro, kami kira smartphone tersebut adalah penerus dari Realme 5 Pro. Eh, tapi ternyata bukan. Realme 6 Pro ternyata adalah penerus dari Realme XT.

Yang jadi penerus dari Realme 5 Pro justru seri ini: Realme 6 (tanpa pro). Ya … terserah saja lah ya. Selama harga dan spesifikasinya sebanding oke-oke saja.

Lalu apa spesifikasinya? Ini dia.

spesifikasi realme 6

Spesifikasi Realme 6

  • Dimensi: 16,21 (tinggi) x 7,48 (lebar) x 0,89 (tebal)
  • Berat: 191 gr
  • SIM Tray: Dual nano SIM + SD Card
  • Body: Glass (Gorilla Glass 3) + belakang plastik
  • Layar: IPS, 16 juta warna, 90 Hz
  • Resolusi: 1080 x 2400 piksel
  • OS: Android 10.0 / Realme UI
  • Chipset: Mediatek MT6785 Helio G90T (12 nm)
  • RAM/Memori: 4/64 GB; 6/128 GB; 8/128 GB
  • CPU: Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • Kamera utama (4 kamera): 64 MP wide; 8 MP ultrawide; 2 MP macro; 2 MP depth.
  • Kamera depan: 16 MP wide
  • Batrai: 4300 mAh

Review Realme 6

Oke. Pertama-tama singkirkan dulu rasa heran kalian tentang silsilah dari smartphone Realme ini. Mau Realme 6 penerus seri apapun, ya terserah si Realme saja.

Tapi satu hal yang berguna adalah, silsilah tersebut menunjukan harga yang dipasang Realme ketika smartphone ini rilis. Harganya nggak bakalan jauh-jauh beda dengan generasi sebelumnya.

Dimensinya hampir sama dengan Realme 6 Pro

Kita mulai dari dimensi. Dibandingkan dengan Realme 6 Pro, dimensi dari smartphone ini agak sedikit lebih kecil. Saking kecilnya mungkin nggak akan terlalu terlihat.

Tapi bila dibandingkan dengan smartphone dari brand lain; Vivo V19 yang baru rilis kemarin, misalnya, agak terlihat. Walau sama-sama bakal nggak enak kalau disimpan di saku celana.

Murah tapi sudah dapat layar 90Hz

Realme termasuk perusahaan yang berani memasang harga di kelas 3 jutaan untuk smartphone yang sudah memakai layar dengan refresh rate 90Hz.

Sebab biasanya smartphone yang sudah punya refresh rate 90Hz itu berada di harga 5 juta ke atas.

Refresh rate adalah kemampuan untuk merefresh ulang layar yang diukur berdasarkan satuan hertz. Semakin besar nilainya makan akan semakin halus motion atau pergerakan yang ditampilkan oleh layar, baik itu ketika scrolling, gaming, multimedia, dll.

Nah, pertanyaannya adalah … apa setelah ini harga pasar bakal rusak? Kita lihat saja nanti.

3 slot SIM tray

Bersyukurlah karena banyak sekali smartphone keluaran terbaru yang sudah memasang 3 slot dalam SIM traynya. Jadi kalian bisa memakai 2 kartu SIM sekaligus memasang SD card di saat yang sama.

Berbeda dengan smartphone keluaran dulu yang meskipun dual SIM, kita diharuskan untuk memilih antara kartu SIM atau SD Card di salah satu slotnya.

In-display kamera

Maksud dari istilah tersebut adalah kameranya nyempil di ujung atas layar. Berbaur dengan notification bar sehingga keberadaannya hampir bisa diabaikan.

Dampak dari penempatannya yaitu pengalaman display kita jadi lebih menarik. Tidak ada poni yang ‘mengganggu’. Dan layarnya jadi terkesan sangat luas.

Ultrawide kamera

Di kisaran harga 3 juta sudah dapat 4 kamera yang salah satunya memakai lensa ultrawide itu … worthed sekali. Bahkan mungkin untung banyak.

Dengan spesifikasi kamera 64 MP wide; 8 MP ultrawide; 2 MP macro; 2 MP depth, kalian sudah bisa memotret apapun dengan sangat jelas dan detail.

Kalau kalian jualan foto di shutterstock, smartphone ini kami kira cukup untuk mengambil gambar. Soalnya …

… lensa ultrawide akan membantu kalian untuk menangkap lebih banyak objek dalam satu kali jepretan.

Memang kualitas foto dan video yang dihasilkan akan mempunyai resolusi besar, tapi tentu akan sebanding dengan ukuran filenya. Maka wajar kalau internal memori smartphone ini luas, ukuran file fotonya aja bakal besar.

Harga Realme 6

Belum ada harga resmi dari pihak Realme untuk smartphone ini. Tapi jika dilihat dari silsilahnya yang berperan sebagai penerus Realme 5 Pro, kami kira harganya akan berada di kisaran 3 jutaan.

Meski begitu akan kami terus update informasinya di laman ini. Paling tidak selama 6 bulan sejak smartphone ini dirilis.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.