Spesifikasi Realme 6 Pro: Review, Harga, dan Tips Beli

Spesifikasi Realme 6 Pro – 24 Maret nanti Realme siap merilis smartphone baru: Realme 6 Pro. Yang mengejutkan adalah, ternyata HP ini bukan generasi terbaru atau penerus dari Realme 5 Pro, melainkan generasi baru dari Realme XT. Merasa aneh? Sama. Tapi ya … itulah yang pihak Realme katakan. Kita manut saja.

Tapi kalau mau berpendapat, jika dilihat dari spesifikasinya sih … bagusnya HP ini dikasih nama baru saja. Soalnya perbedaan spesifikasi antara Realme 6 Pro dan HP Realme yang sebelumnya agak jauh.

Emang gimana sih spesifikasinya? Ini dia:

spesifikasi realme 6 pro

Spesifikasi Realme 6 Pro

  • Dimensi: 16,38 (tinggi) x 7,58 (lebar) x 0,89 (tebal)
  • Berat: 202 gr
  • SIM Tray: Dual nano SIM + SD Card
  • Body: Glass (Gorilla Glass 5)
  • Layar: IPS, 16 juta warna, 90 Hz
  • Resolusi: 1080 x 2400 piksel
  • OS: Android 10.0 / Realme UI
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 720G
  • RAM/Memori: 6/64 GB; 6/128 GB; 8/128 GB
  • CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • Kamera utama (4 kamera): 64 MP wide; 12 MP telefoto; 8 MP ultrawide; 2 MP macro.
  • Kamera depan (2 kamera): 16 MP wide; 8 MP ultrawide
  • Batrai: 4300 mAh

Review Realme 6 Pro

Baiklah. Sebelumnya tadi sudah disinggung ya, kalau Realme 6 Pro ini bukan generasi baru dari Realme 5 Pro, melainkan generasi barunya Realme XT.

Dimensi smartphone ini cukup besar. Apalagi kalau melihat dari tingginya yang berbeda 0,5 – 1 cm daripada smartphone merk lain. Ditambah lagi beratnya yang sebesar 202 gr, membuat smartphone ini terkesan sangat padat.

Total kameranya 6!

4 kamera belakang ditambah 2 kamera depan, menjadikan smartphone ini penuh tompel. Bagi kalian yang menderita trypophobia mungkin akan merasa sedikit geli.

Coba kalau Realme sudah menggunakan teknologi ‘kamera tersembunyi’ besutan Vivo yang digadang-gadang akan diterapkan di Vivo APEX 2020, mungkin tampilannya akan sedikit lebih minimalis dan elegan.

Tapi terlepas daripada itu, 4 kamera utama di belakang memiliki spesifikasi yang barbar: 64 MP lensa wide; 12 MP lensa tele; 8 MP lensa ultrawide; 2 MP lensa macro.

Ditambah lagi 2 kamera depan yang masing-masingnya memakai lensa wide dan ultrawide, memungkinkan kalian melakukan selfie–atau wefie- dengan banyak orang tanpa khawatir ada yang tidak masuk frame.

Dual nano SIM dan masih bisa ditambah SD Card

Jika dulu kalian harus memilih antara 1 nano SIM & 1 nano SIM atau 1 nano SIM & 1 SD card, sekarang kalian bisa memasukkan ketiganya langsung di SIM Tray Realme 6 Pro. Istilahnya adalah non-hybrid.

90Hz refresh rate

Refresh rate merupakan kemampuan layar untuk merefresh ulang layar yang diukur dalam satuan hertz. Semakin tinggi refresh rate, maka tampilan layar akan semakin halus, tanpa kedip, tanpa terlihat bergelombang.

Nah, sekarang rata-rata refresh rate sebuah smartphone adalah 60Hz. Bayangkan akan seberapa halus layar Realme 6 Pro yang sudah mendukung refresh rate 90Hz?

HP pertama dengan Snapdragon 720G

Sepanjang yang kami tahu, Realme 6 Pro ini adalah smartphone pertama yang memakai snapdragon 720G. Tentu ini jadi sesuatu yang membikin semangat. Gimana sih performanya dibandingkan dengan chipset sebelumnya?

Dan perlu diketahui, seri snapdragon yang diawali oleh angka 7 biasanya gahar dari sisi grafis. Dan yup, snapdragon 720G ini pun demikian. Jadi bisa sedikit ditebak kalau snapdragon 720G ini akan mantap kalau dipakai buat gaming.

Untuk main PUBG, chipset ini bisa pakai pengaturan smooth extreme 58-60FPS! Gila.

Baterai 4300 mAh 30W flash charging

Baterai dengan kapasitas segitu untuk pemakaian normal biasanya bisa bertahan sampai 2 hari. Untuk main game non-stop biasanya akan habis dalam 6-7 jam.

Dan kami kira itu sangat cukup. Apalagi ditambah dengan fast chargingnya yang menggunakan teknologi VOOC.

Harga Realme 6 Pro

Harga buat Ralme 6 Pro ini belum ketahuan ya. Karena seperti yang sudah kami bilang di atas, ponsel ini akan rilis secara resmi pada tanggal 24 Maret nanti. Namun bila dilihat dari spesifikasi dan brandnya, kami prediksi akan ada di kelas 5 – 6 juta sih.

Kita tunggu saja. Oh ya, di sini akan kami update juga fluktuasi harga smartphone ini selama 6 – 12 bulan ke depan sejak artikel ini ditulis.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.