Spesifikasi Oppo Reno3: Review, Harga, Rahasia

Spesifikasi Oppo Reno3 – Akhirnya rilis juga smartphone Oppo seri ‘Reno’ terbaru. Jujur kami menunggu-nunggu saat ini karena ada Oppo holic di tim kami. Skip saja, tidak penting.

Baiklah. Oppo Reno3 ini adalah generasi penerus dari Oppo Reno2 F, bukan Oppo Reno2. Lagi-lagi memunculkan kebingungan karena silsilahnya. Namun sama seperti kasus Realme kemarin, silsilah ini memberi gambaran akan masuk di kelas harga mana smartphone ini ketika rilis.

Baik tanpa berlama-lama inilah spesifikasi Oppo Reno3:

Spesifikasi Oppo Reno3

  • Dimensi: 16,02 (tinggi) x 7,33 (lebar) x 0,79 (tebal)
  • Berat: 170 gr
  • SIM Tray: Dual SIM + SD card
  • Layar: AMOLED 16 juta warna
  • Resolusi: 1080 x 2400 piksel
  • OS: Android 10.0 / Color OS 7
  • Chipset: Mediatek MT6779 Helio P90 (12 nm)
  • RAM/Memori: 8/128 GB
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A75 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: PowerVR GM9446
  • Kamera utama (4 kamera): 48 MP wide; 13 MP telefoto; 8 MP ultrawide; 2 MP mono
  • Kamera depan: 44 MP wide
  • Batrai: 4025 mAh

Review Oppo Reno3

Bulan Maret ini kayaknya banyak sekali brand yang rilis smartphone baru. Dari mulai Vivo, Realme, dan sekarang Oppo. Entah, apakah besok Xiaomi dan brand lainnya akan ikutan? Kita nantikan.

Kesan pertama ketika pegang smartphone ini yaitu: enak. Mungkin karena lebar dan ketebalannya tidak terlalu gede, jadi sangat enak buat dipegang. Tapi ya … soal enak dan nggaknya dipegang balik lagi ke tangan masing-masing. He he.

Sekilas dilihat dari spesifikasinya, smartphone Oppo Reno3 ini dioptimalkan untuk fotografi. Terutama selfie. Kamera depan dan kamera utamanya cuma beda 4 MP saja. Tapi …

108 MP software sensoring

Ada hal menarik dari kamera utama si Reno3 ini. Meskipun sensor kamera utamanya adalah 48 MP, kualitas foto yang diambil bisa dioptimalkan via software–entah apa nama softwarenya- sehingga hasilnya bisa setajam kamera 108 MP.

Awalnya kami kurang percaya. Tapi setelah dibandingkan, perbedaannya cukup signifikan. Foto yang diproses menjadi 108 MP hasilnya lebih halus dibandingkan yang normal ketika dizoom dengan kelipatan yang sama. Alias tidak pecah-pecah.

Jadi buat kalian yang hobi fotografi atau yang punya bisnis jualan foto di microstock, smartphone ini bisa jadi alternatif pilihan disamping kamera mirrorless atau DSLR, yang mungkin tidak bisa selalu dibawa setiap waktu.

48 MP ultra night selfie

Kalau Vivo V19 punya kamera selfie supernight selfie, Oppo Reno3 juga tidak mau kalah dengan kamera ultra night selfie. Menurut kami sih teknologinya sama, cuma beda istilah saja.

Jika Vivo V19 sensornya 32 MP, Reno3 malah lebih besar lagi: 44 MP! Sudah mah bisa motret dalam keadaan gelap, ditambahi dengan kualitas foto yang super semakin membuktikan kalau smartphone ini memang dioptimalkan untuk fotografi.

3 slot SIM tray

Sama seperti smartphone-smartphone lainnya yang baru rilis, Oppo Reno3 ini juga sekarang memakai 3 slot SIM tray. Jadi kalian tetap bisa memasang memori tambahan SD card walaupun sudah memakai 2 kartu SIM.

VOOC flash charge

Oppo Reno3 ini sudah memakai teknologi VOOC 20W flash charge. Klaimnya, baterai 4025 mAh smartphone ini akan terisi penuh dalam waktu 1 jaman. Lumayan cepat ya untuk kapasitas baterai lega yang bisa bertahan 2 hari dalam pemakaian normal. Hmm.

Gratis in-ear monitor (IEMs)

In-ear monitor atau IEMs singkatnya yaitu sejenis earphone tapi transmitter dan receiver. Nah kedua ‘makhluk’ tersebut berfungsi untuk menambah kekuatan suara yang dihasilkan dari perangkat tersebut.

Lebih jelasnya tentang in-ear monitor bisa dibaca di sini: apa itu in-ear monitor.

Harga Oppo Reno3

Di sini akan kami update harga Oppo Reno3 setidaknya selama 6 bulan sejak pertama perilisan untuk mengatahui fluktuasi harganya.

  • Harga Oppo Reno3 Maret: PO Rp.5.199.000,-
  • Harga Oppo Reno3 April:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.