Spesifikasi Oppo A31: Harga, Review, Kelebihan dan Kekurangan

Spesifikasi Oppo A31Oppo kembali merilis smartphone di kelas harga paling bawah alias entry level. Tapi ada sedikit keanehan dalam segi harga. Bila di brand lain smartphone entry level itu berada di kisaran harga satu jutaan, tapi Oppo ini …

… baca saja sampai tuntas saja, ya! Sambil kalian menimbang kira-kira worthed nggak spesifikasinya dengan harga sekian (nanti disebutkan di bawah).

spesifikasi oppo a31

Spesifikasi Oppo A31

  • Dimensi: 16,39 x 7,55 x 0,83 cm
  • Berat: 180 gr
  • SIM Tray: Dual nano SIM + SD Card
  • Body: Depan kaca, belakang plastik
  • Layar: IPS, 16 juta warna
  • Resolusi: 720 x 1600 piksel
  • OS: Android 9.0 / ColorOS 6.1
  • Chipset: Mediatek MT6765V / CB Helio P35 (12nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
  • RAM/Memori: 4/64 GB; 6/128 GB
  • GPU: PowerVR GE8320
  • Kamera utama (3 kamera): 12 MP wide; 2 MP macro; 2 MP depth
  • Kamera depan: 8 MP
  • Batrai: 4230 mAh

Review Oppo A31

Baiklah, seperti yang sudah kami katakan di atas tadi, Oppo A31 didesain sebagai standard smartphone atau smartphone yang bisa dinikmati kalangan menengah ke bawah.

Dari sisi harga, saat ini memang nggak ada lagi smartphone produksi Oppo yang lebih murah dari Oppo A31. Jadi ya … nanti kalian nilai sendiri.

Sudah mendukung 3 slot SIM tray

Teknologi ini sepertinya sudah diterapkan di semua smartphone baru, ya. Jadi wajar kalau Oppo A31 yang berada di kelas bawah juga sudah memakainya.

Dengan 3 slot SIM tray, meskipun kalian memakai 2 kartu SIM, kalian jadi bisa menambahkan memori eksternal berupa microSD jika dirasa memori internal bawaan terlalu sedikit.

Hal ini berbeda dengan smartphone-smartphone generasi sebelumnya yang hanya punya 2 slot SIM tray, yang mana di slot 2, kita mesti memilih; dipasang kartu SIM atau mircoSD?

Triple camera dengan 3 lensa berbeda

Smartphone zaman sekarang memang sepertinya kurang lengkap kalau kameranya cuma sebiji. Termasuk Oppo A31 yang dilengkap dengan 3 kamera dengan 3 lensa berbeda!

Dengan masing-masing 12 MP lensa wide yang bisa menangkap gambar lebih luas; 2 MP lensa macro yang mampu menangkap objek kecil seperti semut, tekstur kain, dll; dan 2 MP lensa depth yang mampu mem-blur-kan background foto alias bokeh.

Super fast fingerprint dan face detection

Fitur ini kaitannya dengan keamanan. Jadi sejak beberapa generasi ke belakang, smartphone selalu dilengkapi dengan sistem keamanan sidik jari. Lalu setelah itu ada teknologi baru bernama deteksi wajah untuk membuka kunci smartphone.

Nah, di Oppo A31 sudah ada keduanya! Ditambah dengan kecepatan pendeteksian, sehingga membuka smartphone dengan sidik jari dan wajah lebih cepat dibandingkan dengan brand lain di kelas harga yang sama.

Belum USB type C

Oppo A31 ini masih memakai USB 2.0 atau micro USB. Yah, memang agak disayangkan sih, smartphone baru tapi belum pake USB type C. Kalah sama Xiaomi MI A1 yang keluar tahun 2018 lalu.

Sekadar info, konektor USB micro USB dan USB type C itu perbedaan kecepatan transfer data dan transfer dayanya lumayan jauh. Jadi bisa dibilang untuk mengisi daya baterai sebesar 4230 mAh, Oppo A31 memerlukan waktu agak lama.

Tapi ya … bisa kalian buktikan sendiri benar apa tidaknya. Tapi secara logika sih begitu.

Masih Android 9.0 dan ColorOS 6.1

Ketika smartphone Oppo lainnya dibekali dengan Android 10 dan ColorOS 7, Oppo A31 ini malah belum dapat. Entah apakah nanti akan dapat updatenya atau nggak, yang jelas menurut kami untuk smartphone keluaran terbaru mestinya sih sudah pakai Android dan UI terbaru juga.

Nggak tahu Oppo ini mikirnya bagaimana. Tapi yah … inilah apa adanya.

Harga Oppo A31

Harga Oppo A31 di bawah ini adalah harga selama 6 bulan terakhir sejak smartphone tersebut dirilis atau kalau tidak sejak artikel ini diterbitkan.

  • Harga Oppo A31 Maret 2020: Rp.2.499.000,- (4/64 GB) & Rp.2.799.000,- (6/128 GB)
  • Harga Oppo A31 Maret 2020:

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.