Sinyal 3G Telkomsel akan ‘Lenyap’ di 119 Kabupaten/Kota Ini

Telkomsel, operator seluler terkemuka di Indonesia, memperluas jangkauan jaringan 4G untuk menggantikan jaringan 3G yang akan dipadamkan.

Dalam proses percepatan yang dilakukan pada bulan Februari 2023 ini, jangkauan sinyal 4G akan diterapkan pada sebanyak 119 kabupaten/kota yang tersebar di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

Dengan memperluas jaringan 4G, Telkomsel berkomitmen untuk mengakselerasi transformasi digital pelanggan di seluruh wilayah Indonesia dengan menyediakan teknologi jaringan broadband berkualitas.

Proses ini merupakan kelanjutan dari upaya keberlanjutan Telkomsel untuk meningkatkan layanan jaringan yang telah dimulai sejak Maret 2022.

Meningkatkan Pelanggan dengan Layanan Jaringan 4G

Proses upgrade 3G ke 4G yang dilakukan Telkomsel sudah berlangsung sejak Maret 2022 dengan target 504 kabupaten/kota wilayah populasi Indonesia.

Hingga akhir tahun 2022, Telkomsel berhasil mengalihkan layanan jaringan 3G ke 4G di 204 kota/kabupaten.

Melalui proses ini, Telkomsel mencatatkan adanya peningkatan jumlah pelanggan yang menggunakan uSIM 4G sebesar 7,3 persen YoY, disertai dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 18,2 persen YoY.

Kata Direktur Network Telkomsel, Nugroho, optimis proses upgrade layanan jaringan ini akan mampu meningkatkan ekonomi digital nasional serta membuka peluang yang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat untuk mengoptimalkan potensi kemajuan melalui teknologi digital.

Cara Upgrade Kartu SIM Telkomsel dari 3G ke 4G

Telkomsel memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin mengubah SIM card 3G mereka menjadi uSIM 4G. Ada beberapa cara mudah bagi pelanggan untuk mengupgrade SIM card mereka.

Upgrade Kartu SIM Online

Pelanggan dapat memanfaatkan mekanisme online dengan membeli melalui mitra e-Commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau melalui layanan GraPARI online.

Kartu SIM 4G akan dikirimkan langsung ke alamat pelanggan dan informasi proses upgrade bisa dilihat melalui akun media sosial resmi Telkomsel dan layanan virtual assistant Telkomsel.

Upgrade Kartu SIM Offline

Untuk mekanisme offline, pelanggan dapat mengunjungi GraPARI atau layanan MyGraPARI terdekat.

Selama proses migrasi ke uSIM 4G dan saat registrasi uSIM, Telkomsel akan memastikan data pelanggan sudah sesuai dengan identitas NIK dan nomor Kartu Keluarga yang tercantum pada KTP elektronik dan Kartu Keluarga.

Langkah-Langkah Upgrade Kartu SIM Telkomsel 3G ke 4G

Pengecekan Identitas Diri

Sebelum melakukan upgrade SIM card, pelanggan disarankan untuk melakukan pengecekan kesesuaian identitas diri melalui akses USSD Menu Browser (UMB) *444# dari ponsel.

Apabila terdapat ketidaksesuaian, pelanggan dapat melakukan registrasi ulang dengan mengetik ULANGNIK#Nomor KK# kirim SMS ke 4444.

Pengecekan Ketersediaan Jaringan 4G

Pastikan jaringan 4G sudah tersedia di wilayah pelanggan dan perangkat yang digunakan mendukung 4G. Pengecekan dapat dilakukan melalui *888*47#.

Upgrade Kartu SIM

Setelah melakukan pengecekan, pelanggan dapat memilih cara upgrade yang paling mudah bagi mereka, baik melalui mekanisme online atau offline.

Pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum melakukan upgrade.

Demikianlah informasi mengenai pemadaman jaringan 3G Telkomsel di beberapa daerah, serta tata cara upgrade kartu 3G Telkomsel Anda ke kartu 4G. Semoga bermanfaat.

Sabda Hanif Ibrahim
Sabda Hanif Ibrahim

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Articles: 299

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.