Game Edukasi Anak Lengkap (All in One) untuk PAUD, TK, dan SD

Game Edukasi Anak Lengkap – Apa nama game edukasi untuk anak yang lengkap dan aman? Apakah game-game tersebut cocok untuk anak usia 2 tahun, PAUD, TK dan SD sampai kelas 6? Apakah ada game edukasi yang all in one alias banyak permainan dalam satu aplikasi? Temukan semua jawabannya di sini. Berikut adalah listnya:


Zaman yang semakin maju membuat media pembelajaran bertambah banyak. Jika dahulu hanya terbatas pada hal-hal yang bisa ditemui di sekitar, kini kalian bisa dengan gampang menggunakan HP sebagai media pembelajaran all-in-one dengan mendatangkan hal baru dan beragam ke hadapan anak kalian.

Ya. Betul. HP. Meskipun sebagian besar orang tua mengharamkan HP bagi anaknya, tapi tidak bisa dinafikan kalau HP juga bisa bermanfaat sebagai media pembelajaran atau edukasi.

Selayaknya pisau, HP hanyalah alat yang tidak bisa begitu saja dikategorikan sebagai benda positif atau negatif. Ianya bergantung pada siapa dan untuk apa digunakan.

Bagaimana HP bisa menjadi media edukasi? Salah satu jawabannya adalah lewat game.

Terdapat banyak sekali game edukasi yang bisa kalian, sebagai orang tua, mainkan bersama anak. Lagi, bisa diinstall secara gratis dan legal.

Namun ingat! Kata kuncinya adalah BERSAMA anak. Bukan membiarkan anak bermain sendiri.

Sebab, sebagus apapun tujuan dari dibuatnya game edukasi tersebut, jika yang memainkan tidak tahu letak edukasinya di mana (seperti anak yang masih tidak tahu apa-apa), maka manfaatnya tidak akan terasa.

Jadi, saran kami, mainkanlah game edukasi anak di bawah ini bersama-sama. Ajari anak dengan sabar dan telaten. Jangan lupa juga beri batas waktu agar anak tidak ‘kecanduan’.

Daftar Game Edukasi Anak Terlengkap

Gawaiso sudah merangkum setidaknya 15 game edukasi anak yang bisa kalian install di HP sebagai media pembelajaran. Game-game di bawah cocok untuk anak mulai usia 2 tahun, PAUD, TK, sampai kelas 6 SD.

Berikut adalah daftarnya:

1. Game Edukasi Anak Lengkap

game edukasi anak lengkap sekarmedia

Di nomor pertama ada Game Edukasi Anak Lengkap yang dikembangkan oleh SekarMedia.

Dalam dekskripsinya SekarMedia menjelaskan bahwa game ini berisi permainan pendidikan untuk putra-putri usia dini, PAUD, dan TK, yang berfokus pada penguatan ingatan, pengenalan warna, huruf, angka, bentuk, dan nama-nama binatang.

Selain itu, karena dikembangkan oleh orang Indonesia, game ini dilengkapi dengan pemandu suara berbahasa Indonesia. Jadi media pembelajaran bisa lebih asik dan terpandu.

Ketika artikel ini terbit Game Edukasi Anak Lengkap sudah didownload sebanyak 1 juta kali dengan rating 4.1/5 dari 9.500 pe-review.

Game Edukasi Anak Lengkap
Game Edukasi Anak Lengkap
Developer: SekarMedia
Price: Free

2. Aplikasi Belajar TK dan PAUD Lengkap

game edukasi anak all in one

Game edukasi anak yang kedua ada Aplikasi Belajar TK dan PAUD Lengkap yang dikembangkan oleh Solite Kids.

Satu kutipan dari pengembang game ini,

Buku Belajar Lengkap TK dan PAUD adalah aplikasi belajar untuk anak sekolah TK dan PAUD yang dapat membantu anak-anak dalam proses belajar dengan cara menyenangkan.

Menurut kami game yang satu ini adalah paket lengkap. Fitur belajarnya sampai 36 buah dari mulai belajar doa anak muslim sampai ke belajar rambu lalu lintas.

Ada juga fitur bermain sebanyak 15 buah dari mulai bermain cocokkan objek sampai bermain tebak alat transportasi.

Saat artikel ini ditulis Aplikasi Belajar TK dan PAUD Lengkap sudah didownload sebanyak 1 juta kali dengan rating 4.4/5 dari 5000 pe-review.

3. Game Belajar Menulis Huruf dan Angka

belajar menulis huruf dan angka

Satu lagi persembahan dari SekarMedia, yaitu game edukasi yang mengajarkan anak untuk menulis huruf dan angka dalam cara yang menyenangkan.

Fitur utama game Belajar Menuls Huruf / Angka:

  • Belajar menulis huruf kapital A – Z
  • Belajar menulis huruf kecil a – z
  • Belajar menulis angka 0 – 9
  • Belajar suku kata

Ketika artikel ini ditulis, game ini sudah diinstal sebanyak 1 juta kali dengan rating 4.1/5 dari 6200 pe-review.

Belajar Menulis Huruf / Angka
Belajar Menulis Huruf / Angka

4. Permainan Matematika untuk Anak

game edukasi anak belajar matematika

Matematika sering menjadi pelajaran yang dianggap menakutkan. Tapi jika anak kalian diajari matematika dengan cara yang menyenangkan, kami kira, kesan ‘menakutkan’ itu tidak akan terlalu mengganggu mereka di masa mendatang.

Salah satu game matematika yang paling terkenal di Play Store adalah Little Panda Math Genius yang dikembangkan oleh BabyBus.

Karena permainan ini berfokus pada angka dan visual, kami kira tidak adanya bahasa Indonesia sebagai pengantar tidak akan menjadi masalah besar.

Ketika artikel ini ditulis, game edukasi tersebut sudah diinstal sebanyak 5 juta kali dengan rating 4.3/5 dari 11 ribu pe-review.

5. Game Belajar Warna dan Suara

belajar warna dan suara

Game ini oleh pengembangnya dikhususkan untuk anak PAUD dan TK usia 2 – 5 tahun. Meskipun begitu, siapa saja bisa menginstal game ini secara gratis dari Play Store.

Game Belajar Warna dan Suara, akan membantu anak kalian dalam mengenali warna dari benda-benda sekitar dengan cara yang menyenangkan, karena dikemas dalam betuk game.

Seperti misalnya game merapikan mainan. Anak kalian harus mengelompokkan mainan dengan warna sama ke dalam satu keranjang yang sudah disediakan.

Ketika artikel ini ditulis, Belajar Warna dan Suara sudah didownload sebanyak 500 ribu kali dengan rating 4.2/5 dari 1400 pe-review.

Belajar Warna + Suara
Belajar Warna + Suara
Developer: Solite Kids
Price: Free+

6. Game Belajar Mengenal Hewan

marbel belajar hewan dan suara

Game ini secara khusus mengedukasi anak untuk mengenal binatang dan suaranya. Dikembangkan oleh Educa Studio, game ini sudah didownload sebanyak 1 juta kali dengan rating 4.4/5 dari 6000 pe-review.

Ada beberapa kategori belajar, mulai dari mengenal hewan ternak sampai ke mengenal jenis ikan hias. Ditambah game edukatif seperti tebak gambar sampai ke game selamatkan orang utan.

Belajar Mengenal Hewan merupakan game gratis. Namun seperti kebanyakan yang gratis, akan selalu ada iklan sebagai penyokong agar developer tetap mendapatkan penghasilan.

Tapi Educa Studio menyediakan fitur untuk menghapus iklan dengan membayar lewat potong pulsa ataupun kartu kredit.

Marbel Belajar Hewan + Suara
Marbel Belajar Hewan + Suara

7. Game Mengenal Bagian Tubuh

game edukasi anak mengenal bagian tubuh

Satu lagi dari Educa Stuido sebagai pengembang dari banyak sekali game edukasi untuk anak.

Kali ini adalah game yang membuat anak belajar tentang bagian-bagian tubuh. Mulai dari bagian kepala, badan, tangan, dan kaki.

Quotes dari pengembangnya,

Bersama Marbel Belajar Bagian Tubuh, belajar terasa sungguh menyenangkan. Setiap bagian tubuh diilustrasikan dengan gambar yang menarik dan disertai dengan animasi untuk memperjelas tiap bagiannya.

Ya. Game ini dilengkapi dengan animasi yang menarik sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Meskipun begitu, harap selalu dampingi anak ketika memainkan game ini agar tidak kecanduan. Silakan buat jadwal agar anak disiplin dalam belajar.

Ketika artikel ini ditulis, Marbel Bagian Tubuh sudah didownload sebanyak 100 ribu kali dengan rating 4.4/5 dari 1400 pe-review.

Marbel Bagian Tubuh - Belajar
Marbel Bagian Tubuh - Belajar

8. Game Puzzle Hewan

animals puzzle for kids

Berikutnya adalah game yang mengedukasi anak tentang hewan, dengan cara merangkai puzzle.

Nama aplikasinya adalah Animals Puzzle for Kids yang dikembangkan oleh Abuzz.

Tidak hanya mengenal hewan-hewan, game ini berfungsi untuk melatih keterampilan anak dalam mencocokkan bentuk dan melatih motorik halusnya.

Ada sekitar 100 puzzle dalam game ini. Jadi anak tidak akan bosan dalam memainkannya. Tapi selalu dampingi mereka, ya, ketika main permainan ini.

Ketika artikel ini ditulis, Animals Puzzle for Kids sudah didownload sebanyak 10 juta kali dengan rating 4.1/5 dari 66 ribu pe-review.

9. Game Belajar Bahasa Inggris

belajar bahasa inggris bersama marbel

Game yang satu ini mengedukasi anak untuk belajar bahasa Inggris dasar dengan cara yang menyenangkan.

Bagaimana tidak, dengan menginstal Belajar Bahasa Inggris Bersama Marbel, anak kalian akan mendapatkan ratusan kosakatan bahasa Inggris dasar dengan ilustrasi yang menarik.

Tentu cara ini akan membuat si anak betah belajar, karena materinya disampaikan dengan cara yang mereka sukai.

Ketika artikel ini ditulis, Belajar Bahasa Inggris Bersama Marbel yang dikembangkan oleh Educa Studio sudah didownload sebanyak 50 ribu kali dengan rating 4.3/5 dari 300 pe-review.

Belajar Bahasa Inggris Bersama Marbel
Belajar Bahasa Inggris Bersama Marbel
Developer: Educa Studio
Price: To be announced

10. Game Mengenal Budaya Indonesia

marbel belajar budaya nusantara

Terakhir, masih dari Educa Studio, yaitu game yang mengedukasi anak tentang budaya Indonesia. Mulai dari rumah adat, alat musik daerah, pakaian adat, tarian daerah, senjata daerah, sampai ke makanan khas dari daerah tersebut.

Nama gamenya adalah Marbel Belajar Budaya Nusantara, yang ketika artikel ini ditulis sudah didownload sebanyak 100 ribu kali dengan rating 4.4/5 dari 1800 pe-review.

Sebagai orang Indonesia, wajib rasanya mengenalkan anak pada keanekaragaman budaya di negara kita. Hal ini akan memupuk jiwa cinta tanah air sejak dini.

Harapannya, jika anak sudah kenal budaya Indonesia sedini mungkin, keinginan untuk melestarikan dan menjaganya tumbuh dan berakar dengan kuat dalam diri mereka. Yuk, didownload!

Marbel Belajar Budaya Nusantara
Marbel Belajar Budaya Nusantara

Akhir Kata

Demikian. Itulah 10 game edukasi anak lengkap yang cocok untuk anak dari umur 2 tahun, PAUD, TK, sampai SD kelas 6.

Sebetulnya masih banyak permainan-permainan edukasi yang ada di Play Store, namun kami kira kesepuluh game di atas sudah mewakili.

Akhir kata, selalu dampingi anak ketika bermain game edukasi di atas. Sebab, sekali lagi, sebagus apapun manfaat yang diberikan oleh game tersebut, kalau penggunanya (anak-anak yang main tanpa didampingi) tidak tahu letak edukasinya di mana, maka manfaat tersebut tidak akan tersampaikan.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.