Cara Upload GIF ke Instagram: Membuat Stiker IG

Cara Upload GIF ke Instagram – Bagaimana cara upload GIF ke Instagram? Apakah sulit membuat GIF sendiri? Apa nama aplikasi untuk membuat GIF sendiri? Bagaimana cara upload GIF ke giphy.com? Temukan semua jawabannya di artikel ini.


Instagram, lebih tepatnya story Instagram memiliki fitur stiker bergerak. Kita bisa sebut stiker tersebut dengan GIF.

Banyak sekali GIF yang bisa kita gunakan di Instagram, mulai dari GIF berbahasa Inggris sampai ke yang bahasa Indonesia. Nah, tahukah kalian kalau GIF tersebut bukan resmi buatan Instagram, melainkan buatan user biasa?

Kalau belum tahu, maka beruntung sekali kalian membaca artikel ini. Di sini akan kami tuliskan cara-cara untuk membuat GIF sendiri, untuk kemudian kalian upload ke Instagram via Giphy.

Begini …

Video Tutorial

Gawaiso Channel

Di atas adalah tutorial versi video untuk memudahkan kalian mengikuti artikel ini. Silakan ditonton sambil mengikuti tahap demi tahapnya. Terima kasih.

Cara Upload GIF ke Instagram via Giphy

Tutorial ini terbagi menjadi beberapa bagian: pertama membuat GIF, kedua mengupload GIF ke Giphy, ketiga menggunakannya di Instagram story.

Berikut adalah cara membuat GIF sendiri:

  1. Download dan install aplikasi Giphy dari playstore. Klik di sini untuk download.
  2. Buka aplikasi Giphy. Di kanan atas akan ada tombol create. Tap untuk mulai membuat GIF sendiri.
  3. Rekam apapun yang ingin kalian jadikan GIF, misalnya diri kalian sendiri.
  4. Edit video barusan dengan editor Giphy. Bebas.
  5. Beri tags untuk memudahkan pencarian GIF kalian. Lalu tap upload GIF.
  6. Selanjutnya, share ke Instagram.
  7. Di Instagram, buat story seperti biasa. Lalu tambahkan GIF. Di kolom pencarian, cari GIFnya menggunakan tag yang kalian input sebelumnya.
  8. Selesai.

Catatan: GIF kalian tidak akan serta merta muncul langsung di Instagram. Pihak Giphy harus memverifikasi terlebih dahulu. Kalau layak tayang, maka stiker kalian akan bisa dipakai di Instagram.

Upload GIF ke Instagram tanpa Giphy

Cara berikut ini adalah cara agar GIF kalian muncul di Instagram story tanpa harus melewati verifikasi Giphy terlebih dahulu.

Kami tahu kalau banyak sekali yang gagal bahkan terlalu lama nunggu agar GIFnya diverifikasi. Makanya kami buat cara alternatif biar lebih cepat.

  1. Buat video dengan kamera HP kalian.
  2. Hilangkan background videonya dengan unscreen.com, lalu download sebagai GIF. Tutorial lengkap menghilangkan background video bisa baca: cara menghapus background video.
cara-upload-GIF-ke-instagram
  1. Download dan install GBOX di sini, lalu aktifkan GBOX keyboard. Untuk mengaktifkannya kalian hanya tinggal membuka aplikasi GBOX, lalu tap menu GBOX keyboard. Ikuti tahap-tahapnya sampai tuntas. Gampang, kok.
  1. Buat Instagram story seperti biasa, lalu tap di tengah-tengahnya. Akan muncul keyboard.
  2. Di bagian bawah keyboard akan muncul beberapa icon, tap yang icon foto.
cara-upload-GIF-ke-instagram-gbox-pictures-2
  1. Di sana akan ada GIF yang sebelumnya kalian buat. Pilih, lalu secara otomatis GIF tersebut akan muncul di Instagram story kalian.
cara-upload-GIF-ke-instagram-gbox-paste
  1. Selesai.

Catatan: jika kalian menggunakan cara ini, otomatis hanya kalian saja yang bisa memakai GIF tersebut. Berbeda jika kalian menguploadnya via Giphy, orang lain juga akan bisa memakai GIF yang kalian buat. Hanya saja seperti yang kami bilang sebelumnya, perlu verifikasi dari pihak Giphy sampai GIF tersebut muncul di Instagram.


FAQ Upload GIF ke Instagram Story

Bagaimana cara membuat GIF sendiri?

Caranya gampang. Kalian bisa menggunakan aplikasi di playstore. Banyak. Salah satunya adalah Giphy.

Bagaimana cara upload GIF ke Instagram?

Ada dua cara. Cara pertama adalah dengan mengupload GIF kalian ge Giphy.com. Jika GIF kalian terverifikasi alias layak tayang, maka GIF tersebut secara otomatis akan bisa dicari di Instagram. Cara kedua adalah manual; dengan cara membuat GIF sendiri lalu menguploadnya ke Instastory dengan aplikasi GBOX.

Apakah GIF yang terupload di Giphy.com akan secara otomatis muncul di Instagram?

Tidak. GIF yang kalian buat harus melewati tahap verifikasi terlebih dahulu agar bisa muncul di Instagram.

Bagaimana agar GIF kita terverifikasi di Giphy.com?

Buatlah GIF sebagus mungkin. Disarankan dengan background yang transparan.


Trik Instagram Populer

Semua trik Instagram bisa kalian baca di sini.

Demikian. Seperti itulah cara membuat GIF sendiri dan menguploadnya ke Instagram. Kalau kami ditanya, mana cara yang direkomendasikan? Tentu kami akan memilih cara kedua alias tanpa Giphy. Kenapa? Karena kalian tidak perlu menunggu lama agar GIF kalian bisa dipakai di Instagram.

Semoga bermanfaat! Jangan lupa juga subscribe di channel kami, ya: Gawaiso Channel.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: