Cara Menghapus Akun Instagram Permanen & Menonaktifkan Sementara

Cara Menghapus Akun Instagram – Bagaimana cara menghapus akun IG permanen? Bagaimana cara delete akun IG sementara waktu? Apakah akun IG yang sudah dihapus bisa dikembalikan? Berapa jangka waktu akun IG yang dinonaktifkan bisa kembali aktif? Temukan jawabannya di bawah.



Menghapus akun Instagram mungkin menjadi pilihan, ketika pikiran dilanda stress karena tekanan sosial, yang kita sendiri sebetulnya tidak pernah benar-benar tahu alasan pastinya.

Kenapa bisa demikian?

Majalah TIME menyebut bahwa Instagram adalah sosial media yang paling buruk untuk kesehatan mental (baca artikelnya di sini). Alasannya cukup jelas, karena Instagram merupakan media sosial berbasis visual yang menuntut usernya untuk menunjukkan sesuatu; bisa ekspresi, identitas, dll.

Bagi mereka yang punya ‘penyakit hati’, tentu terlalu sering melihat orang lain akan menimbulkan tekanan secara tiba-tiba.

Nah, di saat-saat seperti inilah menghapus akun instagram seringkali menjadi penting. Daripada jatuh terlalu dalam ke lubang kegelisahan, mending hapus akun saja.

Berikut adalah cara menghapus akun Instagram permanen dan sementara.

Cara Menghapus Akun Instagram

Catatan sebelum mulai: menghapus akun IG, baik itu secara permanen atau sementara hanya bisa dilakukan melalui situs instagram.com. Tidak bisa melalui aplikasi Instagram. Meskipun langkah-langkahnya bisa dimulai dari aplikasi, pada ujungnya kalian akan diarahkan ke website Instagram.

1. Menghapus akun Instagram sementara

Sebelum memutuskan untuk menghapus akun IG permanen, cobalah dahulu untuk menghapusnya sementara. Dengan menghapus sementara, akun IG kalian tidak akan bisa dicari, semua like dan komentar yang kalian tuliskan akan menghilang sementara.

Berikut adalah cara menghapus akun IG sementara:

  1. Buka instagram.com di browser (bisa di PC atau di HP) lalu login dengan akun IG yang ingin kalian hapus sementara waktu.
  2. Masuk ke profil kalian > edit profil.
  1. Di kanan bawah kalian akan menemukan link temporary disable my account. Kalian bisa klik di sini agar lebih cepat.
cara menghapus akun instagram sementara - temporary disable my account
  1. Isi alasan kenapa kalian menonaktifkan akun, lalu input password.
  2. Klik tombol temporary disable account.
cara menghapus akun instagram sementara - alasan disable akun
  1. Selesai. Kini akun IG kalian dinonaktifkan sementara sampai kalian mengaktifkannya kembali.

Catatan: kalian hanya bisa menonaktifkan akun IG satu kali dalam satu minggu. Artinya, ketika kalian menonaktifkan akun hari senin lalu mengaktifkannya lagi hari rabu, maka kalian akan bisa kembali menonaktifkan akun di hari rabu yang akan datang. Cara untuk mengaktifkannya tinggal login ulang saja.

2. Menghapus akun Instagram permanen

Selanjutnya adalah menghapus akun IG permanen. Artinya kalian tidak akan bisa lagi mengaktifkan akun tersebut selamanya. Foto, video, komentar, like, dan semua data-data kalian akan dihapus dari server Instagram.

Berikut adalah cara menghapus akun IG permanen:

  1. Buka instagram.com lalu login dengan akun IG yang ingin kalian hapus secara permanen.
  2. Lalu klik link ini untuk langsung menuju ke halaman penghapusan akun IG.
  3. Isi alasan kalian menghapus akun, lalu input password.
cara menghapus akun instagram permanen - alasan dihapus
  1. Klik tombol permanently delete my account di bawah.
  2. Selesai. Kini akun IG kalian sudah dihapus secara permanen.

Mendownload Semua Data (Foto, Video, Komen, dll) Instagram

Kalau sebelumnya kalian punya ribuan foto dan video di Instagram, lalu merasa sayang kalau momen tersebut hilang begitu saja setelah kalian menghapus akun …

… kenapa tidak kalian download saja dulu semua datanya? Dengan mendownload data kalian di Instagram, meskipun kalian tidak lagi punya akun, kalian tetap punya kenangannya.

Hal ini sedikit banyak bisa mengobati rasa rindu dengan Instagram, jika sewaktu-waktu kalian ingin membuat akun lagi, tapi masih terlalu takut dengan efek yang bisa ditimbulkan terhapap kesehatan mental kalian.

Berikut adalah cara mendownload semua foto dan video di Instagram:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Masuk ke profil > settings > security.
  3. Di sana ada menu download data. Tap.
  1. Masukan email dan password kalian, lalu tap tombol request download.
  2. Tunggu prosesnya. Biasanya memakan waktu maksimal 2 hari. Nanti Instagram akan mengirim email berupa link download untuk semua foto dan video kalian.
  3. Selesai.

Yang Sering Ditanyakan tentang Menghapus Akun Instagram

Bagaimana cara menghapus Instagram permanen?

Caranya kalian harus masuk ke situs instagram ini: https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/ lalu isi alasan dan input password kalian untuk menghapus akun IG secara permanen.

Bagaimana cara menonaktifkan akun IG sementara?

Caranya kalian login di website instagram.com lalu masuk ke profil kalian. Klik tombol edit profil. Di bawah kanan kalian akan menemukan menu untuk menonaktifkan akun IG sementara. Ikuti saja langkah-langkahnya.

Bagaimana cara menghapus akun IG di laptop atau komputer?

Caranya sama saja. Kalian tinggal buka website instagram.com, login pakai akun kalian, lalu ikuti langkah-langkah di atas.

Apakah bisa menghapus akun IG lewat aplikasi?

Tidak bisa. Meskipun langkah-langkah awalnya bisa dilakukan di aplikasi, tapi pada akhirnya kalian akan diarahkan ke website instagram.com. Jadi, untuk menghemat banyak waktu, mending langsung saja ke situsnya.

Berapa lama waktu akun IG yang nonaktif sampai aktif kembali?

Akun IG akan tetap nonaktif sementara, tidak akan otomatis aktif sendiri. Kalian harus mengaktifkannya secara manual.

Bagaimana cara mengaktifkan kembali akun IG yang dinonaktifkan?

Caranya tinggal login saja menggunakan username atau email dan password kalian. Setelah itu akun IG akan aktif kembali.


Trik Instagram Populer

Semua trik Instagram bisa kalian baca di sini.

Demikian. Seperti itulah cara menghapus akun Instagram permanen dan sementara. Cara di atas tentu sudah kami coba dan WORK 100%. Namun, bila kalian menemukan kendala setelah mengikuti tutorial di atas, monggo dikometar saja di bawah.

Terakhir. Sebagai tips, jika kalian sedang merasa tertekan karena aplikasi ini, lebih baik untuk dinonaktifkan saja sementara akunnya. Sepengalaman kami, dua minggu cukup bisa mengobati hati yang sakit. He he.

Oh ya, kami juga punya channel youtube untuk tutorial berbasis video. Monggo disubscribe, ya! Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.