Cara Menghapus Akun Facebook: Tutup Akun FB Sementara & Permanen

Cara Menghapus Akun Facebook – Bagaimana cara menghapus akun FB? Apakah tutup akun itu bisa sementara saja? Bagaimana pula menghapus akun FB selamanya beserta foto, video, dan status yang pernah dibuat? Temukan semua jawabannya di artikel ini!


Sudah menjadi rahasia umum kalau Facebook adalah sosial media terbesar, di mana usernya berasal dari semua latar belakang. Hal tersebut mengakibatkan tidak sedikit hoax yang bertebaran di Facebook.

Meskipun ada fanspage Turn Back Hoax, nyatanya masih banyak kabar palsu yang lolos dari pantauan sehingga membuat kegaduhan di jagat maya.

Banyak dari kita yang meninggalkan Facebook karena hal tersebut. Inginnya ‘pergi’ saja dari sosial media biru ini, lalu pindah ke sosial media lainnya. Akun dibiarkan sampai bulukan. Tidak pernah dibuka. Foto-foto zaman dulu masih ada. Status masih bisa dibaca.

Hmm … kenapa tidak dihapus saja?

Ya. Kalian bisa menghapus akun Facebook jika memang tidak akan balik lagi. Dengan menghapus akun Facebook, foto dan status kalian juga akan otomatis terhapus semua. Jadi kalian tidak perlu khawatir foto-foto kalian disalah gunakan. Mau tahu caranya? Simak.

Cara Menghapus Akun Facebook

Kami akan bagikan cara menghapus akun Facebook dari PC dan dari aplikasi di HP. Gunakan daftar isi di atas untuk langsung ke topik yang kalian cari.

1. Cara tutup akun Facebook dari PC

  1. Buka Facebook dan login ke akun yang ingin kalian hapus.
  2. Masuk ke settings > your Facebook information.
masuk ke pengaturan facebook
  1. Di paling bawah, akan ada menu deactivation or deletion. Di menu ini kalian bisa menonaktifkan akun Facebook sementara atau menghapus selamanya.
pengaturan facebook untuk menghapus akun
  1. Pilih deactivate account kalau kalian ingin menonaktifkan sementara dengan catatan kalian tetap akan terhubung dengan messenger (sementara foto dan status akan menghilang); pilih permanently delete account kalau kalian ingin menghapus akun untuk selamanya (semua foto, status, pesan, dan segala yang pernah kalian share akan dihapus).
cara menghapus akun facebook dan menonaktifkannya sementara
  1. Biasanya kalian akan diminta password. Input passwordnya, dan ikuti proses sampai selesai.

2. Cara tutup akun Facebook di HP

  1. Buka aplikasi Facebook yang sudah login ke akun yang ingin dihapus.
  2. Di kanan atas tap simbol strip tiga > settings and privacy > settings.
pengaturan facebook dari HP
  1. Di sana akan ada menu account ownership and control. Tap menu tersebut.
pengaturan kepemilikan akun facebook
  1. Pilih menu deactivation and deletion, lalu pilih mau dinonaktifkan sementara atau dihapus selamanya. Kalau kalian pilih deactivate atau nonaktif sementara, maka profil, status, foto, dll. akan hilang tetapi kalian masih memiliki akses ke messenger. Sementara kalau kalian memilih untuk menghapus akun selamanya, maka semuanya tidak akan bisa diakses lagi.
cara menghapus akun facebook dari HP
  1. Ikuti proses sampai selesai.

3. Cara Menghapus Akun Facebook yang Lupa Password dan Email

Selanjutnya adalah menghapus akun Facebook yang password dan email loginnya lupa. Kasus-kasus seperti ini biasanya karena dulu akun FBnya dibuatkan teman. Nah, bagaimana cara untuk menghapus akun FB yang sudah tidak dipakai tersebut? Begini …

  1. Buat akun FB baru atau pinjam punya teman dekat kalian.
  2. Cari akun FB lama yang ingin kalian hapus, lalu buka profilnya.
  3. Tap menu selengkapnya, lalu pilih laporkan.
cara-menghapus-akun-facebook-yang-lupa-password-dan-email
  1. Kalian akan dibawa ke sebuah halaman. Di sana akan ada opsi untuk memulihkan akun atau tutup akun. Pilih yang tutup akun.
  2. Selesai.

4. Tambahan: download data Facebook

Sebagai tambahan, in case sewaktu-waktu kalian kangen dengan semua hal yang pernah kalian lakukan dengan Facebook, download saja datanya ke PC atau laptop kalian. Jadi, kalian bisa lihat-lihat lagi di waktu mendatang.

Caranya …

  1. Masuk ke pengaturan Facebook > your Facebook information.
  2. Lalu pilih opsi download your information.
  3. Akan muncul halaman baru. Di sana kalian bisa tentukan data apa saja yang ingin kalian download dengan mencentangnya.
cara download data facebook
  1. Klik tombol create file untuk mulai mendownload data Facebook kalian.
  2. Selesai.

FAQ Menghapus dan Menonaktifkan Akun Facebook

Bagaiamana cara menghapus akun Facebook selamanya?

Caranya tinggal masuk ke pengaturan FB, terus masuk ke informasi akun. Di sana akan ada menu untuk menonaktifkan atau menghapus akun FB selamanya. Nah, kalian tinggal pilih opsi yang kedua saja. Maka akun FB kalian akan terhapus.

Kalau akun FB dihapus selamanya, apakah foto-foto dan status masih ada?

Jika kalian memilih untuk menghapus akun FB selamanya, maka foto, video, status, pesan, dan semua aktivitas yang pernah kalian lakukan di FB akan dihapus dari server.

Bagaimana cara menonaktifkan akun Facebook untuk sementara?

Caranya sama seperti ketika ingin menghapus akun. Kalian tinggal masuk ke pengaturan FB, terus cari menu informasi akun. Setelah itu cari lagi menu nonaktifkan akun atau delete akun. Pilih opsi pertama untuk menonaktifkan akun FB sementara.

Kalau akun FB dinonaktifkan sementara, apakah foto-foto dan status masih bisa dilihat?

Tidak. Semua foto, video, status, story, dan semua yang pernah kalian share di FB akan disembunyikan sementara. Tapi kalian tetap punya akses ke messenger alias chatting FB.


Tutorial Facebook Populer

Semuan trik Facebook bisa kalian baca di sini: Facebook tutorial A-Z.

Demikian. Seperti itulah cara menghapus akun FB selamanya dan menonaktifkannya sementara waktu. Cara tersebut adalah cara resmi yang diberikan Facebook untuk para penggunanya. Jadi tidak ada trik khusus di sana. He he. Selamat mencoba!

Oh, ya, jangan lupa kunjungi juga channel youtube kami (Gawaiso Channel) untuk tutorial berbasis video. Terima kasih.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.