Cara Membuat Font Sendiri di Android: Unik dan Aesthetic

Cara Membuat Font Sendiri di Android – Bagaimana cara membuat font sendiri? Apakah di Android ada aplikasi untuk membuat font? Apakah font bisa diperjual-belikan? Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Dalam dunia desain, font memegang peranan penting yang sangat mempengaruhi kebagusan. Dengan mengubah font saja, satu desain poster misalnya, bisa memberikan kesan yang berbeda-beda. Maka dari itu, memilih font untuk poster tidak boleh sembarangan. Perlu sedikit pendekatan psikologis agar pesan yang ingin disampaikan lewat poster tersebut, bisa maksimal.

Lain desain lain pula font di HP. Banyak yang merasa jenuh dengan font klasik di gawai mereka. Akhirnya mereka mencari cara mengganti font HPnya dengan yang lebih menarik.

Sebetulnya ada banyak pilihan font yang bisa kalian coba. Silakan saja kunjungi fonts.google.com untuk melihat-lihat. Lalu baca cara mengubah font di android jika kalian ingin mengubah font di HP, dengan font yang tersedia di situs tersebut.

Namun, jika kalian ingin membuat font sendiri yang unik (karena dibuat oleh kalian sendiri dan tidak ada orang lain yang memakai kecuali kalian), silakan baca artikel ini sampai tuntas.

Cara Membuat Font Sendiri di Android

Kami belum tahu apakah di iPhone bisa membuat font sendiri atau tidak. Soalnya kami tidak punya device yang bisa diuji coba. He he. Maaf. Namun yang jelas, bagi kalian pengguna android, ada cara untuk membuat font sendiri lewat bantuan aplikasi. Begini caranya …

Time needed: 10 minutes.

Cara Membuat Font Sendiri di Android

  1. Install aplikasi Fonty

    Install aplikasi Fonty dari Play Store. Gratis. Aplikasi ini sudah diinstall lebih dari 500 ribu kali dengan rating 3,5/5.

  2. Buka aplikasi Fonty

    Berikutnya buka aplikasi tersebut. Jika ada popup untuk izin akses ke file manager, tap allow atau izinkan.

  3. Buat font baru

    Di menu awal, akan ada dua tombol. Tap tombol new untuk mulai membuat font tulisan tangan sendiri.

  4. Isi detail font

    Setelah menekan tombol new, kalian akan diminta untuk mengisi nama font, pembuat font, kontak, dan bahasa. Isi dan sesuaikan dengan keinginan kalian. Catatan, untuk bahasa jangan diganti. Biarkan saja English.

  5. Tulis font

    Selanjutnya, kalian akan diminta untuk menulis font sendiri di atas template yang sudah disediakan. Tulis huruf dari A – Z. Usahakan jangan melewati batas yang sudah ditentukan agar hasil maksimal.

  6. Atur ketebalan font

    Di paling bawah, ada beberapa tools yang bisa kalian maksimalkan. Di antaranya adalah tool untuk mengatur tipis-tebalnya font.

  7. Preview font

    Jika sudah selesai menuliskan huruf dari A – Z, tap tanda panah ke kanan di ujung kanan atas. Lalu preview font yang baru saja kalian buat dengan mengetikan sesuatu di sana.

  8. Selesai

    File font kalian akan tersimpan di memori internal di folder Fonty > Fonts. Font tersebut bisa kalian install di laptop atau PC dan digunakan untuk desain kalian.


Masih bingung? Monggo jika ada pertanyaan, silakan gunakan fasilitas komentar di bawah. Kita diskusi. Kalau sekiranya kami punya solusi, pasti akan kami jawab.

Oke. Jadi artikel ini kami cukupkan dulu. Mudah-mudahan bermanfaat, ya!

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.