Cara Membuat Feed Instagram Nyambung: Membuat Feed IG Rapi

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung – Bagaimana cara agar foto di Instagram kita menyambung? Bagaimana cara merapikan feed Instagram? Bagaimana membagi 1 foto besar menjadi 9 foto kecil untuk feed instagram? Temukan semua jawabannya di artikel ini. Simak sampai tuntas ya!


Feed Instagram yang rapi akan membuat orang lain yang berkunjung ke profil kalian merasa kerasan. Apalagi kalau kalian adalah pemilik toko online yang memanfaatkan Instagram sebagai kolam pancingan, untuk menjaring user biasa menjadi calon customer yang penasaran membeli produk yang kalian jual.

Nah, salah satu untuk merapikan feed Instagram adalah dengan membuat foto yang nyambung. Contohnya seperti ini:

cara membuat feed instagram nyambung

Kami biasa menyebutnya sebagai grid Instagram atau puzzle Instagram. Kalau nama aslinya … kurang tahu juga. Terserah lah, ya.

Langsung saja ke tutorialnya. Begini …

Cara Membuat Feed Instagram Nyambung

Di sini akan kami jelaskan cara membuat foto kalian nyambung di Instagram feed via PC dan langsung dari HP kalian.

Kenapa harus ada cara PC? Karena tidak sedikit yang me-manage akun Instagram dari PC; upload foto dan video lewat PC, balas DM lewat PC, dll. Jadi kami kira cara merapikan feed Instagram di PC juga perlu dituliskan.

1. Membuat feed Instagram nyambung di HP

Untuk tutorial pertama, kami akan jelaskan cara membuatnya dari HP langsung.

Time needed: 5 minutes.

Berikut adalah cara membuat feed Instagram nyambung:

  1. Download dan Install 9Square

    Langkah pertama adalah mendownload dan menginstall aplikasi 9Square dari playstore. Aplikasi 9Square setidaknya sudah didownload 5 juta kali dengan rating 4.5 dari 5.

  2. Buka 9Square

    Selanjutnya, buka aplikasi tersebut. Kalau aplikasinya meminta akses, izinkan semua akses yang diperlukan. Biasanya 9Square meminta akses ke file manager atau galeri, agar foto-foto kalian bisa muncul di aplikasi tersebut.
    aplikasi 9 square

  3. Tambah dan split foto

    Tambahkan foto dengan men-tap ikon foto di tengah-tengah layar. Kemudian, edit foto tersebut; mau dipotong menjadi berapa bagian? 3×1? 3×2? 3×3? atau bahkan lebih besar dari itu? Silakan disesuaikan dengan keinginan kalian.
    split foto untuk feed instagram

  4. Upload ke Instagram

    Setelah menentukan akan dipotong berapa bagian, kalian akan diarahkan ke foto hasil yang sudah terpotong-potong dengan nomor di setiap bagiannya. Upload foto nomor 1 dengan men-tap nomor tersebut, lalu ulangi sampai nomor paling besar. Selesai.
    upload foto 9Square sesuai nomor

Catatan: kualias foto hasil potongan mungkin akan terlihat seperti pecah. Padahal tidak. Kalian harus ingat kalau foto tersebut telah melalui proses zoom sehingga satu bagian foto bisa muat di satu kotak Instagram.

2. Membuat feed Instagram rapi di PC dengan Photoshop

Cara berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Adobe Photoshop di PC. Begini caranya …

  1. Buka software Adobe Photoshop, lalu load foto yang ingin kalian potong-potong dengan mengklik file > open atau yang lebih cepat dengan menekan ctrl + o.
  2. Crop foto tersebut menjadi persegi. Caranya, klik ikon crop lalu ubah aspect ratio menjadi 1:1, kemudian klik kanan > crop.
membuat foto kotak di photoshop
  1. Klik agak lama di ikon crop, lalu ganti jadi slice tool.
  2. Klik kanan di foto > divide slice, lalu centang di opsi divide horizontally dan vertically.
  3. Input nomor 3-3 untuk membagi foto menjadi 9; input 3-2 untuk membaginya menjadi 6; input 3-1 untuk mebaginya menjadi 3. Pokoknya kelipatan pakai kelipatan 3 karena feed Instagram terdiri dari 3 foto dalam 1 barisnya. Klik ok.
slice tool di photoshop untuk membagi foto
  1. Simpan foto dengan mengklik file > save for web atau dengan menekan tombol ctrl + shift + alt + s.
  2. Klik tombol save, tentukan lokasi penyimpanan, lalu pastikan di opsi slices terpilih all slices. Klik tombol save.
grid foto dengan photoshop
  1. Ini hasilnya. Sudah terbagi menjadi sembilan bagian. Sekarang tinggal upload foto ke Instagram via PC atau via aplikasi seperti biasa, dimulai dari nomor 9. Sekali lagi, dimulai dari nomor 9 atau paling terakhir.
hasil slice foto dengan photoshop
  1. Selesai.

Aplikasi Alternatif Demi Feed Instagram Nyambung yang Rapi

Di sini kami akan list aplikasi-aplikasi yang mirip dengan 9Square, sebagai alternatif jikalau 9Square tidak cocok untuk HP kalian. Karena, ya … sebagus apapun aplikasi, kadang ada errornya. He he.

1. Grid Photo Maker for Instagram

membuat feed instagram nyambung - grid maker for instagram

Alternatif yang pertama adalah Grid Photo Maker for Instagram. Sejauh ini, aplikasi tersebut sudah didownload lebih dari 1 juta kali dengan rating 4,5/5 dari 4000 pe-review.

Ini membuktikan kalau aplikasi ini cukup stabil dan memenuhi hajat orang banyak. Kenapa? Karena ternyata aplikasi ini memiliki beberapa fitur di antaranya …

  • Grid maker, untuk membuat feed instagram nyambung secara vertikal dan horizontal.
  • Panorama cut, untuk memotong foto menjadi beberapa bagian secara horizontal saja.
  • Square size pic maker, untuk memotong foto menjadi persegi (rasio 1:1).
  • Saver for Instagram, untuk mendownload video, foto, dan story Instagram.

2. Photo Grid Maker for Instagram – PhotoSplit

membuat feed instagram nyambung- photo grid maker for instagram

Aplikasi berikutnya bernama Photo Grid Maker for Instagram – Photosplit. Namanya mirip-mirip, ya? Wajar. Karena pengembang aplikasi juga memikirkan keyword atau kata kunci yang banyak dicari di playstore.

Photo Grid Maker for Instagram juga sudah didownload lebih dari 1 juta kali, dengan rating 4,3/5 dari 60.000 pe-review. Wow. Artinya aplikasi ini sudah lama ada di playstore. Dan dengan rating yang tinggi seperti itu, membuktikan kalau aplikasi ini juga memenuhi hajat banyak orang.

Setelah kami coba install, kelebihan dari Photo Grid Maker for Instagram – PhotoSplit ini adalah simpel dan compact. Aplikasinya fokus. Tidak bertele-tele.

3. Puzzle Collage Template for Instagram – PuzzleStar

membuat feed instagram nyambung - puzzle collage template for instagram

Aplikasi ini agak sedikit berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Sebab di sini, kalian tidak hanya memotong sebuah foto menjadi beberapa bagian; tetapi juga mendesain feednya agar terlihat menarik.

Ini sangat cocok untuk kalian yang punya toko online. Kalian tinggal mengganti foto-foto di template yang aplikasi ini sediakan, dengan foto produk yang kalian miliki. Tapi sayang kebanyakan template di sini berbayar meskipun murah (rata-rata Rp.20.000 per template).

Tips Membuat Feed Instagram Menarik

Ada satu trik agar membuat feed Instagram kalian menarik. Jadi, tidak hanya nyambung dan rapi saja. Tapi juga m e n a r i k. Caranya adalah dengan mengedit foto dengan Canva, lalu potong-potong dengan aplikasi 9Square atau aplikasi alternatif di atas.

mengedit foto dengan canva

Baca selengkapnya di sini: cara edit foto dengan Canva untuk feed Instagram.


Yang Sering Ditanyakan tentang Feed Instagram Nyambung dan Rapi

Bagaimana membuat feed Instagram nyambung dan rapi?

Caranya bisa dengan memotong-motong foto; satu foto menjadi beberapa bagian kelipatan 3. Kalian bisa menggunakan aplikasi di Playstore seperti 9Square atau langsung di PC menggunakan software Adobe Photoshop.

Bagaimana membuat feed Instagram menarik?

Kalian bisa pakai aplikasi bernama Puzzle Star, namun template collage Instagram di sana kebanyakan berbayar. Meskipun murah, kenapa kalau ada yang gratis tidak dicoba? Untuk yang gratis, caranya adalah dengan mengedit foto di Canva, lalu potong-potong dengan aplikasi Grid Maker for Instagram.

Kenapa foto yang sudah dipotong-potong menjadi pecah?

Itu karena foto kalian diperbesar. Bayangkan ada satu foto utuh dibagi menjadi 9, otomatis potongan-potongannya akan menjadi (seperti) pecah. Padahal, kan, tujuannya untuk disambungkan dengan bagian yang lain sehingga membentuk satu foto utuh. Jadi wajar kalau terlihat pecah.

[adinserter block=”5″]

Trik Instagram Populer

Semua tutorial Instagram bisa kalian baca di sini.

Demikian. Seperti itulah cara membuat feed Instagram nyambung, rapi, dan menarik. Cara tersebut di atas sudah kami coba dan benar-benar bisa membuat feed Instagram lebih nyaman dilihat. He he. Caranya dijamin WORK, namun jika ada kendala setelah mengikuti tutorial di atas, monggo dikomentar saja.

Jangan lupa subscribe juga, ya, di channel youtube kami di sini. Terima kasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: