3 Cara Cek Nomor Smartfren: Mengetahui Nomor Lupa tanpa Pulsa

Cara Cek Nomor Smartfren – Bagaimana cara cek nomor Smartfren menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi? Apakah bisa cek nomor Smartfren lewat SMS? Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Terus, jika tutorial ini tidak berhasil, silakan kasih tahu di komentar. Akan kami update kalau ada cara lain. Tks.


Di Indonesia, Smartfren sebagai provider berbasis teknologi CDMA dan 4G yang menggunakan EVDO, menjadi pesaing yang cukup berat bagi provider lainnya. Pasalnya, harga paket internet Smartfren cenderung lebih terjangkau dengan kecepatan yang bersaing.

Bagaimana tidak, paket unlimited Smartfren dengan masa berlaku selama satu bulan, dibanderol dengan harga dari Rp.55.000 sampai Rp.80.000 saja!

Makanya Smartfren sering dijadikan kartu SIM yang khusus untuk penggunaan internet saja ketimbang untuk nelpon dan SMS. Jadi wajar jika banyak yang lupa nomornya sendiri.

Nah, maka dari itu, bagi kalian yang lupa nomor Smartfren bisa baca artikel ini sampai tuntas. Akan ada setidaknya tiga cara untuk cek nomor Smartfren yang sudah kami rangkum dengan singkat, padat, jelas.

3 Cara Cek Nomor Smartfren [UPDATE]

Seperti yang sudah kami bilang sebelumnya, karena kebanyakan pengguna Smartfren hanya menggunakan provider ini sebagai kartu internet saja, akhirnya mereka sering melupakan nomor mereka.

Mengetahui nomor smartfren setidaknya bisa dengan tiga cara; memakai aplikasi, dial up, dan via SMS. Langsung saja …

Cara Cek Nomor Smartfren Online via Aplikasi

Seperti operator lainnya, kini Smartfren juga menyediakan aplikasi assistant yang bisa memudahkan kalian dalam membeli paket data, paket nelpon, maupun paket-paket lainnya bernama MySF (dulu namanya MySmartfren).

Jadi, tidak perlu ketak-ketik ‘kode rahasia‘ lagi. Kalian cukup buka aplikasi MySF lalu pilih paket yang dikehendaki.

Nah, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk cek kuota, masa berlaku kartu, sampai cek nomor Smartfren. Caranya begini …

  1. Download dan install aplikasi MySF di Play Store. Gratis.
  2. Buka aplikasi MySF yang sudah terinstall.
  3. Di halaman utama, nomor Smartfren kalian, sisa pulsa, beserta tipe kartunya (prabayar atau pasca bayar) akan terlihat.

Sebagai tips, install aplikasi MySF ini segera setelah kalian membeli kartu. Kenapa? Alasannya silakan baca catatan di bawah.

Oh ya, aplikasi MySF tidak terlalu besar sizenya. Tidak memberatkan HP kalian in syaa Allah.

Catatan: aplikasi MySF membutuhkan akses internet untuk digunakan. Selain itu, biasanya setelah pertama kali install, kalian akan diminta login menggunakan nomor Smartfren yang kalian pakai. Kalau pas di sini kalian sudah tidak ingat nomornya, maka silakan lanjut ke cara kedua untuk cek nomor Smartfren yang lupa.

Cara Mengetahui Nomor Smartfren via Dial Up

Seperti yang sudah kami katakan di catatan di atas, jika kalian tidak bisa login ke aplikasi MySF karena terlanjur lupa dengan nomor Smartfren yang digunakan, maka kalian bisa mengetahui nomornya via Dial Up.

Caranya cukup mudah. Begini …

  1. Buka aplikasi Dial atau Dial Up (aplikasi telepon).
  2. Input nomor atau ‘kode rahasia’ *999# lalu klik panggil.
  3. Tunggu beberapa saat sampai muncul popup informasi mengenai nomor HP, sisa pulsa, dan masa berlaku kartu.

Awalnya, untuk mengetahui Smartfren, kalian harus mengetikan nomor *995#, namun seiring berjalannya waktu, sepertinya nomor tersebut kini dikhususkan untuk cek kuota dan bonus saja.

Catatan: cek nomor Smartfren via Dial tidak dikenakan biaya. Pada dasarnya nomor *999# adalah kode untuk cek pulsa, namun Smartfren menyantumkan nomor HP sebagai informasi utama yang ditampilkan.

Cara Cek Nomor Smartfren via SMS

Maraknya sosial media dan aplikasi pesan instan, membuat layanan SMS semakin jarang dipakai sebagai media komunikasi. Kini SMS lebih sering menjadi media verifikasi dan media SPAM pinjaman online yang menjengkelkan itu.

Baca: cara blokir SMS pinjaman online

Selain itu, SMS juga sering dipakai untuk mendaftarkan paket data dan cek nomor. Termasuk nomor Smartfren. Nah, untuk cek nomor Smartfren via SMS, begini caranya …

  1. Buka aplikasi pesan yang ada di HP kalian.
  2. Ketik CEK lalu kirim ke 995.
  3. Tunggu balasan otomatis dari Smartfren. Biasanya di sana akan ada informasi mengenai nomor Smartfren yang kalian gunakan beserta paket apa saja yang sedang aktif. Selesai.

Catatan: mengetahui nomor Smartfren yang lupa via SMS tidak dikenakan biaya, namun karena membutuhkan balasan dari pihak operator, kadang SMS balasannya agak lama. Kadang-kadang, ya.


FAQ – Yang Sering Ditanyakan

Bagaimana cara cek nomor Smartfren?

Kalian bisa mengetahui nomor Smartfren yang lupa setidaknya dengan 3 cara: menginstall aplikasi MySF (dahulu MySmartfren), bisa via dial up *999#, atau SMS ‘CEK’ dan kirim ke 995.

Apakah cek nomor Smartfren dikenakan biaya?

Tidak dikenakan biaya.

Cara mana yang lebih simpel?

Menggunakan aplikasi MySF. Hanya saja jika kalian terlanjur lupa sebelum install aplikasi tersebut, maka cara termudah adalah dengan dial up.


Simpulan

Demikian. Itulah 3 cara termudah untuk mengetahui nomor Smartfren kalian yang terlajur dilupakan. Semua cara di atas bisa dilakukan tanpa biaya sama sekali; kapan dan di mana saja.

Sebagai informasi terakhir, jika internet Smartfren kalian terasa lemot, coba cek cara setting APN Smartfren yang sudah kami tulis juga, ya!

Semoga bermanfaat!

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.