Cara Blokir Nomor Telepon: Laporkan Penipuan dan SPAM Pinjol

Cara Blokir Nomor Telepon – Bagaimana caranya memblokir nomor telepon di HP Android? Apakah dengan memblok nomor bisa menghentikan SMS Spam pinjaman online?

Temukan semua jawabannya di sini. Silakan gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang dituju dan komentar di bawah jika cara di artikel ini sudah tidak berhasil. Akan kami update jika ada cara baru. Tks.


Kalau kalian merasa terganggu karena sering mendapatkan telepon dari orang tak dikenal; entah itu menawarkan pinjaman, kabar bohong menang undian, dll., kini kalian tidak perlu pusing. Soalnya ada cara yang bisa kalian lakukan untuk meminimalisir hal tersebut.

Dengan teknologi yang sudah semakin berkembang, sudah ada beberapa cara untuk memblokir nomor tersebut tanpa ribet dan bisa dilakukan oleh siapapun. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

3 Cara Blokir Nomor Telepon

Sedikitnya ada 3 cara untuk memblokir nomor telepon agar tidak bisa lagi menghubungi kalian. Begini …

1. Blokir via Logs

Memblokir nomor telepon via kontak bisa dilakukan di semua HP; baik itu Android maupun iOS. Caranya …

  1. Masuk ke aplikasi Kontak.
  2. Cari menu Log atau Recent.
  3. Tap dan tahan nomor telepon yang ingin kalian blokir, sampai muncul menu.
  4. Klik opsi Block/Report spam atau Add to Blacklist. Selesai.

2. Blokir via SMS

Jika kalian sering mendapatkan SMS pinjaman online dari nomor tidak dikenal, kalian bisa coba memblokir nomor tersebut langsung via SMS. Caranya …

  1. Buka aplikasi Pesan atau SMS.
  2. Pilih pesan spam yang ingin kalian blokir nomornya.
  3. Tap dan tahan sampai muncul ikon blokir di kanan atas atau kalian bisa buka pesannya terlebih dahulu, tap simbol titik tiga, lalu pilih Detail, kemudian pilih Block & report spam. Selesai.

3. Blokir via Aduan ke Pemerintah

Good news! Kini kalian bisa melaporkan telepon atau SMS penipuan ke pemerintah, agar ditindaklanjuti dan ditelusuri. Cara ini bisa kalian lakukan dengan bermodalkan screenshoot atau rekaman percakapan dengan si penipu. Detailnya begini …

  1. Screenshoot SMS atau rekam percakapan telepon si penipu.
  2. Buka twitter, lalu adukan ke akun @aduanBRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) dengan bukti tadi.
  3. Tunggu aduan kalian ditindaklanjuti.

FAQ – Pertanyaan

Bagaimana cara memblokir nomor telepon?

Setidaknya ada 3 cara; via Logs (buka aplikasi Telepon > pilih menu Recent > pilih nomor telepon yang ingin diblokir > tap agak lama > pilih Block/report spam); via SMS (buka aplikasi SMS > pilih pesan spam > tap agak lama > pilih Block/report spam); via aduan pemerintah (SS SMS atau rekam percakapan dengan penipu > laporkan via twitter @aduanBRTI > tunggu aduan diproses).

Apakah setelah nomor atau SMS diblokir, spam akan benar-benar hilang?

Tergantung. Jika spammer pinjol atau penipu itu punya banyak nomor, maka aksi pemblokiran yang kalian lakukan hanya meminimalisir kegiatan mereka saja.


Akhir Kata

Demikian. Itulah setidaknya 3 cara untuk memblokir nomor telepon; via Logs, SMS, dan dengan mengadukan nomor penipu ke pemerintah. Sekali lagi, seperti yang sudah kami katakan, memblokir nomor telepon tidak serta merta menghentikan kegiatan spamming yang mereka lakukan. Sebab bisa saja mereka memiliki banyak sekali nomor HP. Tapi setidaknya bisa meminimalisir pesan spam yang masuk ke HP kalian.

Semoga bermanfaat, ya! Terima kasih!

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.