Gara-gara Samsung, Google Batal Bikin Pixel Layar Lipat?

GAWAISO.COM – Beberapa waktu ke belakang, berembus kabar bahwa Google akan mengembangkan ponsel dengan layar lipat, yang akan dirilis bersamaan dengan Pixel 6.

Namun, setelah Google Pixel 6 rilis, nyatanya ponsel layar lipat tersebut tidak terlihat sama sekali. Kabar terbaru mengatakan, Google membatalkan pengembangan ponsel tersebut dikarenakan Samsung. Kok bisa?

Menurut konsultan Display Supply Chain Ross Young, Google sudah membatalkan pemesanan komponen-komponen untuk mengembangkan Pixel Fold (seri Pixel dengan layar lipat), dan mereka diperkirakan tidak akan merilis ponsel tersebut setidaknya sampai pertengahan tahun 2022.

Padahal sebelumnya, di Maret 2021, Google sudah mempersiapkan OS khusus yang teroptimasi untuk perangkat tablet dan layar lipat, yaitu Android 12L.

Tidak hanya itu, Phone Arena mengabarkan bahwa beberapa kode tambahan juga dimasukkan ke dalam aplikasi Google Camera agar tetap kompatibel dengan ponsel layar lipat.

Tapi tampaknya Google gagal merilis ponsel layar lipat karena merasa sulit bersaing dengan Samsung yang jauh-jauh hari (dari tahun 2019) sudah merilis ponsel layar lipat, dan bisa dibilang sebagai produsen ponsel layar lipat terbaik saat ini.

Selain dari hal itu, bila dibandingkan dengan Galaxy Z Fold 3, Pixel Fold sepertinya akan kalah fitur. Google Pixel Fold tidak disertakan fitur unggulan seperti halnya di Galaxy Z Fold 3, yaitu dukungan stylus aktif dan kamera depan yang tersembunyi di balik layar.

Faktor lainnya, yang disebut-sebut sebagai alasan Google batal merilis Pixel Fold adalah biaya. Berbeda dengan Samsung yang memproduksi banyak komponen yang dipakai untuk Galaxy Fold series, Google malah harus memesan komponen itu dari pihak ketiga.

Di sisi lain, beberapa orang menganggap pembatalan ini juga bukan keputusan yang buruk, sebab hari ini pasar ponsel layar lipat masih belum matang.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.