Apa itu Noise Cancelling? Mengenal Teknologi NC dalam Produk Audio

Apa Itu Noise Cancelling – Saat hendak membeli produk audio seperti headset, headphone, earphone, hingga TWS, istilah “Noise Cancelling” sering ditemui sebagai salah satu fitur unggulan.

Noise Cancelling, dalam konteks audio, berarti fitur yang meredam kebisingan latar belakang sehingga pengguna dapat lebih fokus pada suara yang diinginkan.

Bagaimana Teknologi Noise Cancelling Bekerja?

Noise cancelling bukan hanya sekadar peredam suara, melainkan fitur yang aktif melawan kebisingan dari lingkungan.

Prinsip kerjanya adalah dengan membalikkan frekuensi suara yang dianggap sebagai kebisingan.

Suara dihasilkan dari gelombang getaran, yang memiliki bentuk frekuensi berbeda-beda.

Fitur noise cancelling bekerja dengan “mendengar” frekuensi suara tersebut melalui mikrofon yang dimilikinya.

Kemudian, perangkat audio akan memproses suara yang didengar dan membalik frekuensi suaranya.

Frekuensi suara yang sudah dibalik ini akan diperdengarkan ke telinga pengguna, sehingga kebisingan seakan netral.

Karena sifatnya aktif, fitur ini biasanya akan menguras baterai saat diaktifkan, terutama pada perangkat nirkabel seperti TWS.

Noise cancelling juga dikenal dengan beberapa istilah lain, seperti ANC (Active Noise Cancellation atau Active Noise Cancelling) dan Active Noise Control.

Manfaat Teknologi Noise Cancelling

Saat mendengarkan musik menggunakan earphone atau perangkat serupa, kebisingan dari luar masih bisa terdengar, mengurangi kualitas pengalaman mendengarkan musik.

Fitur noise cancelling memungkinkan pengguna lebih fokus pada konten musik dengan meredam suara bising dari luar.

Jenis-jenis Noise Cancelling

Terdapat dua jenis noise cancelling, yaitu Passive Noise Cancelling dan Active Noise Cancelling. Berikut penjelasannya:

1. Passive Noise Cancelling

Passive Noise Cancelling merupakan metode paling sederhana dalam mengurangi kebisingan.

Metode ini mencakup desain fisik perangkat audio, seperti bantalan earcup yang tebal dan ketat pada headphone, atau ear tips yang pas pada earphone.

Dengan desain yang baik, perangkat audio akan menghalangi sebagian besar suara dari luar masuk ke telinga pengguna.

2. Active Noise Cancelling (ANC)

Active Noise Cancelling adalah metode yang lebih canggih dan efektif dalam mengurangi kebisingan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ANC bekerja dengan mendeteksi suara bising melalui mikrofon, memproses suara tersebut, dan membalik frekuensinya.

Hasilnya, suara bising akan netral dan tidak mengganggu pengguna.

Pertimbangan Sebelum Membeli Produk Audio dengan Fitur Noise Cancelling

Sebelum membeli produk audio dengan fitur noise cancelling, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Kebutuhan: Pertimbangkan apakah Anda benar-benar memerlukan fitur noise cancelling. Jika Anda sering berada di lingkungan bising atau menggunakan perangkat audio untuk bekerja, fitur ini mungkin sangat berguna.

Harga: Produk audio dengan fitur noise cancelling biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan produk tanpa fitur ini. Tentukan anggaran Anda dan pertimbangkan apakah fitur ini sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Kualitas Suara: Jangan terpaku hanya pada fitur noise cancelling. Pastikan juga produk audio yang Anda beli memiliki kualitas suara yang baik agar pengalaman mendengarkan musik Anda tetap optimal.

Baterai: Perhatikan daya tahan baterai perangkat audio, terutama jika Anda memilih produk nirkabel. Fitur noise cancelling akan menguras baterai lebih cepat, sehingga perlu memastikan perangkat memiliki daya tahan baterai yang cukup.

Dengan mempertimbangkan aspek-aspek di atas, Anda dapat menentukan produk audio dengan fitur noise cancelling yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Teknologi ini akan membantu Anda menikmati pengalaman mendengarkan musik yang lebih baik tanpa gangguan kebisingan sekitar.

Tips Memilih Produk Audio dengan Noise Cancelling Terbaik

Untuk memastikan Anda memilih produk audio dengan noise cancelling terbaik, ikuti beberapa tips berikut:

Merek dan Model: Pertimbangkan merek dan model produk audio yang telah terbukti memiliki kualitas noise cancelling yang baik. Beberapa merek terkenal yang menawarkan produk audio berkualitas dengan fitur noise cancelling di antaranya adalah Bose, Sony, Sennheiser, dan Jabra.

Ulasan dan Rekomendasi: Cari ulasan dan rekomendasi dari pengguna lain, baik dari teman, rekan kerja, atau ulasan online. Informasi ini akan membantu Anda mengetahui kinerja nyata produk audio tersebut dalam meredam kebisingan.

Coba Sebelum Membeli: Jika memungkinkan, coba produk audio tersebut sebelum membeli. Cobalah di lingkungan bising untuk merasakan seberapa efektif fitur noise cancelling dalam meredam suara bising.

Tipe Perangkat Audio: Sesuaikan tipe perangkat audio dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Misalnya, jika Anda tidak suka earphone yang dimasukkan ke dalam telinga, pilihlah headphone over-ear yang memiliki fitur noise cancelling.

Fitur Tambahan: Periksa fitur tambahan yang ditawarkan oleh produk audio, seperti kontrol volume, tombol pause/play, atau konektivitas nirkabel. Fitur tambahan ini akan meningkatkan kenyamanan dan kemudahan penggunaan perangkat audio.

Dengan mempertimbangkan tips di atas, Anda akan lebih mudah menemukan produk audio dengan fitur noise cancelling yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Nikmati pengalaman mendengarkan musik yang lebih baik dan fokus tanpa terganggu oleh kebisingan sekitar.

Mengoptimalkan Penggunaan Fitur Noise Cancelling

Setelah memilih produk audio dengan fitur noise cancelling yang terbaik, berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan fitur ini:

Pemilihan Lingkungan: Meskipun fitur noise cancelling efektif meredam kebisingan, bukan berarti Anda bisa mengabaikan lingkungan saat mendengarkan musik. Pilihlah lingkungan yang aman dan nyaman, terutama saat berada di tempat umum, agar tidak mengalami gangguan atau bahaya.

Pemeliharaan Perangkat Audio: Rawatlah perangkat audio Anda dengan baik, terutama bagi yang memiliki fitur noise cancelling. Bersihkan secara berkala dan simpan di tempat yang aman agar perangkat tetap awet dan kinerjanya optimal.

Pengaturan Volume: Jangan terlalu keras saat menggunakan fitur noise cancelling, karena volume yang terlalu tinggi dapat merusak pendengaran Anda. Aturlah volume pada tingkat yang aman dan nyaman untuk mendengarkan.

Manfaatkan Fitur Tambahan: Gunakan fitur tambahan yang disediakan oleh produk audio, seperti pengaturan tingkat noise cancelling, mode transparansi, atau fitur konektivitas nirkabel. Fitur-fitur ini akan meningkatkan kenyamanan dan kemudahan penggunaan perangkat audio.

Beradaptasi dengan Teknologi: Beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman saat pertama kali menggunakan fitur noise cancelling, karena perasaan terisolasi dari lingkungan sekitar. Berilah waktu untuk beradaptasi dengan teknologi ini dan nikmati pengalaman mendengarkan musik yang lebih fokus.

Dengan memanfaatkan tips di atas, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan fitur noise cancelling pada produk audio pilihan Anda.

Dengan demikian, Anda akan menikmati pengalaman mendengarkan musik yang lebih baik dan fokus, tanpa terganggu oleh kebisingan sekitar.

Kesimpulan

Teknologi noise cancelling merupakan fitur unggulan dalam produk audio yang mampu meredam kebisingan latar belakang.

Dengan prinsip kerja membalikkan frekuensi suara, fitur ini memungkinkan pengguna untuk lebih fokus pada konten musik yang diinginkan.

Noise cancelling menjadi solusi bagi mereka yang ingin menikmati pengalaman mendengarkan musik secara optimal tanpa gangguan suara bising dari lingkungan sekitar.

Sabda Hanif Ibrahim
Sabda Hanif Ibrahim

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Articles: 299

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.