Apa itu NFC? Penjelasan, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Apa itu NFC? – Apa sih NFC? Kenapa fitur tersebut saat ini hanya ada di smartphone flagship saja? Memang apa fungsi NFC? Bagaimana cara menggunakannya? Temukan semua jawabannya di sini. Sila gunakan daftar isi di bawah untuk langsung ke topik yang kalian tuju. Tks.


Setiap saya menonton video review HP di youtube, terutama HP yang tergolong flagship alias mahal, selalu terdapat fitur NFC di dalamnya.

Hampir tidak ada HP 1 jutaan yang sudah dilengkapi fitur NFC. Setidaknya untuk saat ini.

Bagi yang senang teknologi mungkin sudah tahu ya apa itu NFC. Tapi bagi orang awam, saya kira NFC termasuk teknologi asing. Malah saya pernah lihat, orang yang punya HP flagship dengan fitur NFC, tidak pernah menggunakan fitur tersebut untuk memudahkan pekerjaanya.

Nah, di sini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang apa itu NFC, fungsi, dan penerapannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Silakan disimak.

Apa itu NFC?

Di atas sudah saya singgung bahwa, akhir-akhir ini banyak HP flagship yang memiliki fitur NFC di dalamnya, tetapi belum semua orang tahu kegunaannya untuk apa.

Nah, NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication yang bisa diartikan sebagai protokol komunikasi jarak dekat.

Sejarahnya, NFC ditemukan dan didaftarkan hak patennya oleh Charles Walton pada tahun 1983. Jadi sudah agak lama teknologi ini ada. Menurut keterangan, NFC merupakan pengembangan dari teknologi RFID (Radio Frequency Identification) yang lebih dulu ditemukan.

Apa Fungsi NFC?

Setelah mengetahui secara singkat apa itu NFC, bagaimana teknologi tersebut ditemukan, oleh siapa, dan kapan, sekarang kalian juga harus tahu fungsi NFC yang terikat dengan kegiatan sehari-hari yang membuat teknologi ini ditanamkan di HP.

Fungsi 1: Transfer Data

Seperti kebanyakan teknologi ‘komunikasi’ yang ditanamkan di HP (bluetooth, infrared, wifi, dll.), NFC juga mempunyai fungsi untuk melakukan transfer data antar perangkat.

Bedanya, NFC mengharuskan kalian menempelkan antar perangkat tersebut agar proses transfer data bisa dilakukan.

Karena menggunakan gelombang radio pendek 13,56 MHz, maka teknologi ini tidak mengkonsumsi banyak daya; sehingga lebih hemat baterai jika dibandingkan dengan teknologi lain.

Tetapi di sisi lain, gelombang radio pendek tersebut mempengaruhi kecepatan datanya. Ya. NFC lebih lambat dibandingkan bluetooth jika dipakai untuk mengirim data dengan ukuran yang besar, tetapi lebih handal jika melakukan tranfer data ukuran kecil.

Maka dari itu dalam kegiatan sehari-hari, NFC dalam HP flagship lebih sering digunakan untuk tranfer uang digital atau cashless. Penjelasannya di bawah.

Fungsi 2: Pembayaran Digital

Data kartu kredit atau debit kalian bisa diinput ke NFC, lho! Jadi jika sewaktu-waktu kalian ingin melakukan pembayaran tetapi kebetulan tidak membawa kartu, kalian bisa menempelkan HP kalian ke mesin tap yang tersedia di merchant-nya.

Sangat simpel dan cukup ringkas. Hanya saja, sekarang belum banyak merchant yang menyediakan mesin tap sebagai media pembayaran dari customer yang menggunakan NFC.

Jadi, di sini, kalian bisa simpulkan kenapa fitur NFC hanya ada di HP flagship saja.

Fungsi 3: Koneksi WiFi Sandi Otomatis

Di beberapa hotel besar, sudah ada alat bernama WiFi porter dengan teknologi NFC.

Alat tersebut bisa membuat HP kalian terbuhung dengan WiFi tanpa harus memasukkan kata sandi. Cukup dengan menempelkan HP dengan fitur NFC ke alat yang disediakan, biasanya akan langsung terhubung secara otomatis.

Fungsi 4: Cek Saldo E-Toll

Fungsi NFC yang paling umum dan paling banyak digunakan sekarang adalah sebagai alat untuk mengecek saldo E-Toll atau E-Money.

Tidak hanya itu, dengan NFC, kalian juga bisa mengisi saldo E-Toll atau E-Money dengan cepat. Cukup tempelkan kartunya ke belakang HP, secara otomatis saldo tersisa akan muncul di layar.

Fungsi 5: Kirim Kontak

Kalian pernah lihat drama atau anime Jepang, yang karakternya saring kirim kontak dengan mendekatkan kedua HP mereka?

Nah, mereka saling kirim kontak pakai teknologi NFC. Tidak perlu lagi ketik-ketik nomor atau email, cukup dekatkan kedua perangkatnya maka akan saling kirim kontak.


Demikian. Itulah tadi sedikitnya penjelasan tentang NFC beserta fungsinya. Silakan dieksplor lagi agar pengetahuan kalian tentang teknologi ini lebih banyak. Lebih gampangnya sih lihat video saja di Youtube. He he.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.