Cara Mengetahui Judul Lagu dari Melodi: Mencari Lagu tanpa Lirik

Cara Mengetahui Judul Lagu dari Melodi – Bagaimana cara mengetahui judul lagu tapi kita lupa liriknya? Apakah ada cara untuk mengetahui judul lagu dari melodinya? Temukan caranya di sini. Di bawah kami sematkan juga video tutorial untuk memudahkan. Simak videonya sampai tuntas, ya!


Di zaman TikTok seperti sekarang ini, ketika banyak sekali lagu diremix sedemikian rupa sampai terdengar berbeda sekali dengan aslinya, kadang kita penasaran … ini apa sih judul lagu yang dipakai di video si A?

Emang, sih, di TikTok ada keterangan atau info tentang lagu yang dipakai di sebuah video. Tapi tetap saja, banyak nama lagu yang mengikuti username dari empunya video. Hal ini karena video tersebut sudah diedit dengan aplikasi lain (dengan menambahkan lagu) sebelum diupload ke TikTok.

Kita jadi bingung, kan, pas mau dengar fullnya. Ini judulnya apa?

Selidik punya selidik. Kemarin tanpa sengaja kami menemukan fitur yang mungkin bisa menjadi solusi untuk masalah ini, yaitu mencari judul lagu lewat melodi. Bagaimana caranya? Simak video di bawah:

Cara Mengetahui Judul Lagu dari Melodi

Jika kalian lebih prefer ke artikel daripada video, sila baca langkah-langkah di bawah.

Berikut adalah cara mengetahui judul lagu dari melodinya saja:

  1. Buka Google Assistant

    Cara membuka Google Assistant cukup dengan katakan ‘Ok Google’.

  2. Katakan mantra

    Mantra atau keyword untuk mencari lagu di Google Assistant adalah ‘what is this song’

  3. Nyanyikan melodi lagu

    Selanjutnya, sila nyanyikan melodi lagu yang kalian ingat. Bisa dengan ‘hemhemhem’, ‘tetetetetetetet’, ‘dugtasdugtas’, atau yang lainnya. Google Assistant akan mendengarkan suara merdu kalian.

  4. Google Assistant mengidentifikasi

    Setelah Google Assistant merekam spektrum suara yang kalian nyanyikan, kemudian robot akan mencocokkan dengan database Youtube (youtube punya data spektrum musik). Jika cocok, Google Assistant akan memunculkan beberapa lagu yang punya kemiripan dengan melodi yang kalian nyanyikan sebelumnya.

Catatan: Akurasinya tergantung dari seberapa mirip melodi yang kalian nyanyikan. Solusinya, jika kalian sadar pita suara tidak bisa diandalkan, kalian bisa coba putar musik di HP lain lalu dekatkan ke Google Assistant setelah kalian menyebutkan mantra ‘what is this song’.


FAQ Cara Mengetahui Judul Lagu dari Melodi

Bagaimana cara mengetahui judul lagu dari melodinya?

Kalian bisa coba menggunakan Google Assistant. Katakan ‘Ok Google’ lalu katakan mantra ‘what is this song’. Setelah itu nyanyikan melodi dari lagu yang kalian ingin cari tahu judulnya. Google Assistant akan merekam spektrum suara dan mencocokkannya dengan database mereka.

Apakah hanya bisa dengan suara mulut saja?

Tidak. Google Assistant juga bisa mencarikan judul lagu dari musik yang kalian putar di HP lain. Tentu setelah kalian mengucapkan mantra ‘what is this song’

Bagaimana akurasi pencarian lagunya?

Menurut kami akurasinya sudah sangat bagus. Tergantung dari spektrum suara yang Google Assistant rekam dari suara kalian atau dari musik yang diputar. Jadi pastikan mikrofon HPnya masih bagus.


Akhir Kata

Demikian. Itulah tadi cara mengetahui judul lagu dari melodi saja alias tanpa lirik. Cara tersebut di atas tentu sudah kami coba terlebih dahulu sebelum kami tulis artikelnya di sini. Bahkan sebelum itu kami buat videonya di Youtube Gawaiso Channel.

Akhir kata, jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan di kolom komentar di bawah.

Seorang bayi yang dibuatkan website sama bapaknya yang suka ngoprek. Buat aset, katanya. Didukung, ya!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.